Keripik Nanas “Yorks” Produk Asli Kecamatan Basarang Kapuas

  • Kontribusi dari ADMIN KOMINFO KPS, 18 Mei 2018 21:11, Dibaca 36 kali.

KUALA KAPUAS – Kecamatan Basarang merupakan penyumbang hasil perkebunan terbesar di Kabupaten Kapuas dan salah satunya buah nanas. Daerah ini sentra budidaya nanas yang cukup besar hasil panennya sepanjang tahun. Jika masa panen nanas tiba secara berbarengan maka harga jual nanas menjadi lebih murah. Pengolahan buah nanas segar menjadi kreasi olahan makanan memang menjadi solusi yang bagus dalam memperluas segmen pasar hasil dari komoditas pertanian buah.

Melalui hal itu, Ketut Suardana selaku petani nanas tercetus untuk membuat olahan makanan berbahan baku nanas. Ditemui ditempat produksi Yorks Farmer jalan Trans Kalimantan KM 11, Kecamatan Basarang, Jumat (18/5) Siang. Ketut menerangkan “Bulan September tahun 2017 tercipta keripik nanas Yorks produk asli Kecamatan Basarang”.

(Baca Juga : JUM'AT BERSIH BERSAMA PJS BUPATI)

“Produksi olahan keripik nanas memiliki 4 varian rasa yaitu original, BBQ, Cheese, dan Pedas. Harga jual keripik nanas Yorks ada 3 yaitu Rp.20.000/100gram, Rp.15.000/75gram dan Rp.10.000/50gram. Keripik nanas Yorks merupakan keripik nanas pertama di Kabupaten Kapuas dan telah dipasarkan di pulau Kalimantan hingga pulau Jawa. Keripik nanas Yorks dibuat secara alami tanpa pengawet dan pemanis buatan sehingga memiliki rasa yang manis, asam dan gurih”. Katanya.

Diwaktu yang sama Ketut juga menjelaskan adanya bantuan Pemerintah Kabupaten Kapuas seperti bantuan mesin vaccum drying yaitu berupa satu unit alat meniriskan nanas. Keripik nanas Yorks juga diikutsertakan dalam pameran-pameran produk lokal Kabupaten Kapuas.

Ketut menjelaskan kendala yang dihadapi saat ini adalah masih kurangnya pelatihan-pelatihan yang didapat dalam mengolah berbagai macam makanan berbahan baku nanas. Ia mengharapkan agar adanya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Kapuas untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada pekerja dalam menunjang kreativitas pengolahan makanan berbahan baku nanas dan membantu dalam segi pemasaran produk. (hmskmf-ar/rfi)

 

Instagram

Facebook