Pj Bupati Buka Pelatihan Tupoksi BPD

  • Kontribusi dari ADMIN KOMINFO KPS, 04 Juli 2018 07:22, Dibaca 72 kali.

KUALA KAPUAS – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Agus Pramono S.Sos membuka kegiatan Pelatihan Pemantapan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten Kapuas Tahun 2018, Rabu (4/7) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kapuas itu dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kapuas, Kepala SOPD Lingkup Pemkab Kapuas dan Kepala Desa se wilayah Kabupaten Kapuas beserta undangan lainnya.

(Baca Juga : Keluarga Besar RAPI Buka Puasa dengan Masyarakat)

Maksud dan tujuan pelatihan tersebut adalah untuk memberikan informasi pengetahuan tentang pemahaman tugas dan fungsi BPD dalam pelaksanaan tugas pada desa yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan hubungan kerja yang baik antara aparat pemerintahan desa dengan BPD.

Agus Pramono dalam sambutannya mengatakan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di desa dan berfungsi menetapkan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, BPD juga mempunyai wewenang membahas rancangan peraturan desa bersama kepala desa, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa.

“Kemudian mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa, membentuk panitia pemilihan kepala desa, menggali, menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan menyusun tata tertib BPD,”ungkapnya.

Ia menekankan, tugas pokok dan fungsi BPD bersama dengan kepala desa dan perangkat desa sebagai penyelenggara pemerintahan di desa guna terwujudnya pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan otonomi daerah dan merupakan tindak lanjut dari Nawacita yang telah dicanangkan oleh Presiden/Wakil Presiden RI Joko Widodo – Jusuf Kalla yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

“Diharapkan setelah selesai pelatihan ini tempatkan posisi saudara selaku pelayan bagi masyarakat yang mengayomi dan berjuang untuk kepentingan masyarakat serta tingkatkan terus kapasitas pribadi dan kelembagaan Pemerintahan Desa di tempat tugas saudara, agar mampu melayani dan memenuhi kepentingan masyarakat desa,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan, pada tahun 2018 Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas telah menyelesaikan dan menetapkan 5 Peraturan Daerah yang sangat dinanti nantikan oleh Pemerintah Desa dalam hal ini Kepala Desa sebagai dasar dan pedoman dalam melaksanakan roda pemerintahan di desa, yaitu Peraturan Daerah tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Kemudian, Peraturan Daerah tentang Pedoman Penyusunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa, Peraturan Daerah tentang Pembentukan, Penghapusan, Penggabungan dan Perubahan Status Desa dan Peraturan Daerah tentang Pedoman Pembentukan Produk Hukum Desa.

“Keberadaan dan keberlangsungan penyelenggaraan Pemerintahan Desa perlu dijaga dan diatur yang tentunya tetap menjamin penyelenggaraan demokrasi dan otonomi desa yang seluas-luasnya sebagai penyempurnaan sistem organisasi dan manajemen pemerintahan desa dalam rangka mewujudkan ketatapemerintahan yang baik dengan memenuhi prinsip-prinsip yakni akuntabel, transparan, profesional, efektif dan efisien, bersih serta bebas dari korupsi dan nepotisme,”pungkasnya.

Ditempat yang sama Kepala DPMD Kapuas Drs Ibak dalam laporannya menjelaskan, output atau hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan itu yaitu BPD memahami dan memiliki pengetahuan tentang kedudukan, fungsi, wewenang, hak dan kewajiban dengan baik. BPD mampu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan penyelenggaraan administrasi desa.

Adapun narasumbernya yaitu dua orang pejabat dari Dinas PMD Provinsi Kalimantan Tengah, satu orang dari Setda Kabupaten Kapuas dan satu orang dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Kapuas.“Pelatihan ini diikuti sebanyak 214 orang, dimana masing-masing desa mengirim satu orang yaitu Ketua BPD dan dilaksanakan selama satu hari,”jelasnya. (hmskmf)

 

Instagram

Facebook

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta