Selasa, 16 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Kesehatan

Imunisasi Cegah Sembilan Penyakit

by Admin SIBER - 2018-08-01 11:24:00 862 Dibaca
Imunisasi Cegah Sembilan Penyakit
Imunisasi Cegah Sembilan Penyakit

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas melaksanakan acara pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (IMR) yang dibuka oleh Pj Bupati Kapuas Agus Pramono, pada kesempatan itu diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Masrani, Rabu (1/8) pagi di SMPN 1 Selat Kuala Kapuas.

Dalam sambutan tertulis Pj Bupati Kapuas yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan menyampaikan bahwa masa depan anak-anak adalah tanggung jawab bersama oleh karena itu imunisasi penting sebagai upaya pencegahan penyakit.

(Baca Juga : Manajemen Disaster dalam Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas)

"Anak yang sehat harus bebas penyakit, mempunyai status gizi yang baik, hidup dalam lingkungan sehat dan mendapat pendidikan berkualitas, salah satu cara efektif dalam mencegah penyakit adalah dengan memberikan imunisasi pada masa bayi, kanak-kanak dan dewasa," ucapnya. Pelayanan imunisasi yang diberikan harus berkualitas menggunakan vaksin yang aman dan efektif serta dengan cakupan imunisasi yang tinggi dan merata.

Lebih lanjut ia juga menerangkan bahwa Pemerintah mewajibkan imunisasi karena imunisasi adalah upaya nyata yang paling efektif untuk mencegah penyakit menular serta berbahaya bagi anak-anak, imunisasi selama ini memberikan perlindungan terhadap delapan penyakit yaitu Tuberkulosis, Campak, Difteri, Batuk Renjan, Tetanus, Polio, Hepatitis B dan Hemofilus Influenzae yang kemudian pada hari itu pemerintah akan memberikan perlindungan kepada satu penyakit lagi yaitu rubella sehingga anak-anak akan terlindungi dari sembilan penyakit dengan imunisasi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi menjelaskan dalam pencanangan Kampanye IMR tingkat Kabupaten Kapuas adalah upaya pencegahan penukaran campak dan rubella di masyarakat dengan cara memberikan vaksin yaitu imunisasi sembilan bulan sampai 15 tahun yang juga dilaksanakan di seluruh Indonesia. "Karena Indonesia telah berkomitmen bebas campak dan rubella pada tahun 2020," bebernya.

Kampanye tersebut juga adalah sebagai langkah awal dalam pencegahan campak dan rubella, karena rubella bisa menyebabkan kecacatan bahkan kematian. Sasaran terbesar nomor dua di Kalimantan Tengah adalah Kabupaten Kapuas dengan target 93.245 anak atau sekitar 95 persen dengan waktu pelaksanaan Agustus sampai dengan September, imunisasi tersebut akan dilaksanakan gratis.

Ucapan terima kasih juga ia sampaikan secara langsung atas terselenggaranya acara pencanangan kampanye IMR kepada semua pihak terutama Pj Bupati Kapuas yang sudah menginstruksikan untuk mensukseskan kampanye imunisasi measles rubella. (hmskmf)

Share: