Kamis, 28 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Pimpinan

Agus Pramono Lepas Kontingen Karang Pamitran Nasional dan Kukuhkan Satgas Pramuka Peduli

by Opr. SIBER_1 - 2018-08-12 10:21:00 1,120 Dibaca
Agus Pramono Lepas Kontingen Karang Pamitran Nasional dan Kukuhkan Satgas Pramuka Peduli
Agus Pramono Lepas Kontingen Karang Pamitran Nasional dan Kukuhkan Satgas Pramuka Peduli

KUALA KAPUAS – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas mengikutsertakan sebanyak 35 Pelatih dan Pembina Pramuka pada Karang Pamitran Nasional (KPN) yang akan digelar sejak 13 – 19 Agustus mendatang di Lebakharjo, Malang Jawa Timur dan direncanakan akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Adapun pelepasannya langsung dilakukan oleh Penjabat Bupati Kapuas Agus Pramono S.Sos yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kapuas Sabtu (11/8) pagi di Sanggar Pramuka Kapuas.

Agus Pramono dalam sambutannya selain mengajak peserta KPN agar memanfaatkan pertemuan besar Pelatih dan Pembina Pramuka se Indonesia untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan (scouting skill) demi peningkatan kualitas dan kuantitas Pramuka, juga menceritakan pengalamannya ketika menjadi Pramuka Penggalang dan Penegak.

(Baca Juga : Safari Ramadhan Pemkab Kapuas Kembali Berlanjut di Kecamatan Kapuas Hilir)

“Setiap akhir pekan kami berkemah, hiking, semaphore juga kegiatan peduli lingkungan. Dalam suasana bergembira rasa kekeluargaanpun semakin bertambah. Semua kegiatan bisa kami laksanakan setelah melalui perencanaan yang matang, pembagian tugas dan tanggungjawab dari Pembina kami serta memegang teguh kepercayaan dari orang tua” kenang Agus.

Suami dari Andayani SE ini juga menjelasakan, setiap anak bangsa khususnya Pramuka wajib memiliki rasa kebangsaan yang tinggi. “Keikutsertaan Kakak-Kakak pada KPN dan Studi Kaji Pengelolaan Kwartir agar semakin memantapkan diri sebagai Pelatih dan Pembina Pramuka. Tujuannya adalah agar mampu membangun anak dan pemuda yang berkarakter, berkualitas, sehingga pada saatnya nanti mereka mampu membangun dirinya sendiri dan bersama-sama masyarakat membangun bangsa dan negara. Mari kita kuatkan moto dan semboyan kita “Satya ku kudarmakan dan darma ku kubaktikan, agar jaya Indonesia yang berlandaskan ikhlas bakti bina bangsa berbudi bawa laksana” pinta Agus.

Diakhir sambutannya ia mengingatkan bahwa gempa bumi yang melanda Lombok dan Bali beberapa hari lalu merupakan duka kita semua sekaligus peringatan agar selalu mengingat sang Khalik.  “Satgas Pramuka Peduli yang saya kukuhkan hari ini segera bergerak bersama seluruh komponen Kepramukaan serta berkoordinasi kepada Dinas Sosial dalam pengumpulan dana. Keikhlasan kita menyisihkan sebagian rejeki akan benilai pahala bekal diakhirat kelak. Adapun dana yang kita serahkan akan meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang tengah tertimpa musibah” ucapnya.

Sebelumnya H Suwarno Muriyat melaporkan bahwa kontingen yang dipimpinnya berjumlah 35 Pelatih dan Pembina Pramuka Kapuas. “Sebanyak 15 Andalan Cabang Kapuas dari Pusdiklatcab, Pembina Siaga, Penggalang, Penegak/Pandega sebagai peserta KPN selama seminggu akan menetap di Desa Lebakharjo sebuah desa percontohan kehidupan kepramukaan bahkan telah berhasil melaksanakan hingga event internasional diantaranya Kemah Asia Pasifik dan World Community Development Camp. Adapun 20  peserta Studi Kaji Pengelolaan Kwartir adalah para Andalan Cabang Kapuas yang akan mengkaji kelola Kwartir di Desa Lebakharjo maupun Kota Malang dan Surabaya.

“Saya mewakili seluruh Kontingen menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas yang telah memberikan belanja hibah untuk mengikuti kegiatan tingkat nasional ini. Target kami kedepan sepulang dari KPN adanya perubahan, inovasi dan peningkatan kualitas pengelolaan Gugusdepan, Satuan Karya maupun Kwartir Ranting dan Cabang” pungkas H Suwarno Muriyat  (hmskmf)

Share: