Sabtu, 20 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita KIM (Kelompok Informasi Masyarakat)

Diskominfo Sosialisasikan Pemanfaatan Internet dan Pengelolaan KIM

by Admin SIBER - 2018-08-21 15:24:00 1,325 Dibaca
Diskominfo Sosialisasikan Pemanfaatan Internet dan Pengelolaan KIM
Diskominfo Sosialisasikan Pemanfaatan Internet dan Pengelolaan KIM

KUALA KAPUAS - Kecamatan Kapuas Barat menjadi lokasi pertama dari sosialisasi pemanfaatan jaringan internet dalam pengelolaan informasi di desa oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas, Selasa (21/8) pagi di Aula Kantor Kecamatan Kapuas Barat.

Sosialisasi yang langsung dissmpaikan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas, H Suwarno Muriyat, bahwa jaringan internet memegang peran penting dalam pemberdayaan masyarakat desa melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). “Kami membantu mewujudkan impian masyarakat melalui dunia maya atau internet. Masyarakat dapat meningkatkan ilmu, pengetahuan dan keterampilan tentang tatacara bercocok tanam, berkebun, kerajinan tangan maupun pemasarannya” ucap Suwarno.

(Baca Juga : Diskominfo Kapuas Hadiri KIM Festival di Kota Surabaya)

Lebih jauh ujar pria yang juga dosen STAI Kuala Kapuas ini hampir seluruh aspek kehidupan saat ini berhubungan dengan tekhnologi informatika. Pemerintah Kabupaten Kapuas secara bertahap akan melaksanakan berbagai aplikasi sistem digital dan terintegrasi sehingga membantu kelancaran dalam menjalankan pemerintahan hingga ketingkat Desa/Kelurahan.

"Kita ingin kedepan mengembangkan laporan keuangan desa berbasis internet sehingga para Kepala Desa tidak perlu ke Kota Kapuas untuk melakukan laporan cukup dengan melakukan laporan desa secara online, sehingga nanti saat dilakukan pemeriksaan fisik baru para Kades datang ke Kota Kapuas," ucapnya.

Terkait Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Pejabat Pegelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor), Plt Kadis Kominfo menerangkan untuk ditingkat Kabupaten Kapuas sudah berjalan lancar. “Kegiatan ini adalah terobosan dari Diskominfo Kapuas menggandeng pihak ketiga agar mempercepat ketersediaan internet pedesaan. Kami juga inginkan agar Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) memiliki pendapatan dari hasil pengelolaan jaringan internet pedesaan”tutur Suwarno.

Sebelumnya Camat Kapuas Barat saat membuka sosialisasi menyampaikan terima kasihnya karena sudah memilih Kapuas Barat sebagai lokasi pertama dilakukannya sosialisasi pemanfaatan jaringan internet dalam pengelolaan informasi di desa. Ia juga menguraikan sejumlah potensi sumber daya alam maupun lainnya yang tersebar di sebelas desa dan satu kelurahan, bahkan hingga kini telah berfungsi dengan baik KIM dan PPID  Pembantu.

Sementara itu Seflihi yang mewakili Kepala BPMDes, menguraikan tentang pemanfaatan DD dan ADD untuk pembangunan jaringan internet sudah tentu harus direncanakan sebelumnya. “Jaringan internet harus dikelola secara profesional melalui Bumdes, sejumlah desa dalam wilayah Kabupaten Kapuas telah memiliki Bumdes dan telah berkontribusi dalam pembangunan di desa” urai Seflihi (Hmskmf)

Share: