Sabtu, 20 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Pendidikan

Pramuka Kader Pembangun Bangsa

by Opr. SIBER_1 - 2018-08-31 13:54:00 1,354 Dibaca
Pramuka Kader Pembangun Bangsa
Pramuka Kader Pembangun Bangsa

Kuala Kapuas  - Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kapuas Timur akhir pekan lalu (31/8) selenggarakan Perkemahan Penggalang Penerimaan Anggota Baru dari Penggalang tamu menjadi Penggalang yang dipusatkan di halaman SMPN 2 Kapuas Timur di Anjir Mambulau.

Ketua Panitia Pelaksana Gatot Subagiono melaporkan sebanyak 150 Anggota Pramuka Penggalang Tamu setelah berkemah selama 2 hari akan dikukuhkan menjadi Pramuka Penggalang. “Kami juga dibantu 50 orang Panitia yang terdiri dari Guru dan Pembina Gudep serta Para Alumni yang saat ini telah menjadi Penegak di Kalteng maupun Kalsel. Mereka selama berkemah juga melakukan hyking, pentas seni, anjangsana dan berbagai lomba dan kegiatan ala Pramuka” ucap Gatot.

(Baca Juga : DPRD Balangan Kunjungi Disdik Kapuas)

Masih di tempat yang sama Kepala SMPN 2 Kapuas Timur Syahrul SPd yang juga Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan menyatakan dukungannya atas berbagai kegiatan intra dan ekstrakurikuler. “Kepramukaan merupakan kegiatan yang terintegrasi dalam Kurikulum 2013 dilaksanakan dalam bentuk intra maupun ekstrakurikuler. Atas dukungan Bapak dan Ibu Guru sebagai Pembina Pramuka, orang tua siswa, peserta didik dan alumni, alhamdulillah semua dapat berjalan lancer” ucap Syahrul.

Sementara itu Sekretaris Kwarcab Kapuas Dr H Suwarno Muriyat yang didampingi sejumlah Andalan Cabang Kapuas saat membuka kegiatan itu menyatakan rasa bangganya karena melihat Pembina dan Peserta Didik sangat antusias mengikuti perkemahan.

Penggalang merupakan salah satu tingkatan dalam Kepramukaan dan memiliki kegiatan berjenjang sejak Gudep hingga Internasional. Ada  Jambore, Lomba Tingkat juga Gladian Pinru. “Kiasan Dasar Gerakan Pramuka menyebutkan paling awal adalah Pramuka Siaga berusia 7 - 10 tahun. Kelahiran Budi Utomo 20 Mei 1908 menjadi tonggak Kebangkitan Nasional, menandai dimulailah perjuangan baru, perjuangan mensiagakan rakyat. 

Adapun usia  11 - 15 tahun dinamakan Penggalang, dimana Sumpah  Pemuda 28  Oktober  1928 menjadi salah satu tonggak sejarah dalam upaya  Penggalangan persatuan dan kesatuan bangsa yang dipelopori oleh para pemuda-pemudi di seluruh Indonesia. Sedangkan Penegak, yaitu Pramuka berusia 16-20 tahun, dimana perjuangan bangsa Indonesia akhirnya membawa hasil dengan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 serta Pandega, yaitu Pramuka dengan usia 21-25 tahun. Tegaknya Negara Republik Indonesia harus dilanjutkan dengan perjuangan dalam mengelola atau memandegani negara Indonesia di bidang pembangunan. 

Sedangkan Pramuka Dewasa usia 25 tahun lebih yang terlibat aktif di Gugusdepan sebagai pendidik dan pembimbing adik-adik anggota muda pramuka. Pembangunan fisik maupun non fisik perlu terus dibina dan dikembangkan dalam rangka mengantarkan bangsa Indonesia menuju kemajuan dan kemakmuran” pungkas H Suwarno (hmskmf)

Share: