Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Diskominfo Kapuas Ikut Asistensi dan Supervisi

by Opr. SIBER_1 - 2018-09-12 15:12:00 1,022 Dibaca
Diskominfo Kapuas Ikut Asistensi dan Supervisi
Diskominfo Kapuas Ikut Asistensi dan Supervisi

Kuala Kapuas - Plt Kadis Kominfo Kabupaten Kapuas H Suwarno Muriyat hadir bersama 188 Kadis Kominfosantik Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia dan 300 Kepala Bidang yang menangani Kominfo, Statistik dan Persandian pada Asistensi dan Supervisi Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah RPJMD dan Renstra Perangkat Daerah urusan Kominfo dan Santik Rabu (12/9) di Hotel Acacia Jakarta

Rapat yang berlangsung sejak pagi hingga malam ini dibuka oleh Dirjen Pembangunan Daerah Ir Diah Indrajati MSc, menyatakan betapa pentingnya kegiatan yang diharapkan menghasilkan Dokumen RPJMD dan Renstra OPD (Dokrenda) mengingat pada tahun 2018 ini ada 171 Kabupaten/Kota dan 17 Provinsi yang sudah melaksanakan Pilkada. Hal ini dianggap penting karena 6 bulan setelah kepala daerah dilantik, daerah harus menetapkan RPJMD dan Renstra OPD nya masing-masing.

(Baca Juga : 121 Siswa Bataguh Ikuti Sosialisasi Wawasan Kebangsaan)

Bahkan pinta Diah penyusunan RPJPD, RPJMD dan RKPD penyusunan menggunakan pendekatan teknokratik, partisipatif, politis, serta atas bawah dan bawah atas dari hasil musrenbang serta program pembangunan yang ditawarkan oleh Gubernur/Bupati/Walikota terpilih saat berkampanye. “Melalui rapat ini kami harapkan tercipta sinkronisasi dan sinergi pencapaian sasaran rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah” papar Diah. 

Masih di tempat yang sama H Suwarno Muriyat menyatakan bahwa Diskominfo Kapuas terus berupaya agar adanya penambahan pembangunan  Base Transceiver Station (BTS). “Pada tahun 2017 dalam wilayah Kabupaten Kapuas telah dibangun sebanyak 6 BTS di daerah yang tidak terjangkau jaringan telekomunikasi (blank spot) dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) di Kementerian Kominfo.

“Sedikitnya ada 38 daerah dalam wilayah Kabupaten Kapuas yang masih belum terjangkau jaringan internet/telekomunikasi (blank spot) harapan kami kedepan dapat teratasi baik yang sedang digalakkan oleh BAKTI maupun program Pita Lebar di Kemenkominfo” ucap Suwarno.

Terkait penguatan peran Perangkat Daerah, H Suwarno menguraikan bahwa Diskominfo memiliki empat Bidang yakni Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Bidang Elektronik Government, Bidang Persandian dan Bidang Statistik dan satu Sekretariat.

“Alhamdulillah asistensi dan supervisi yang dilaksanakan oleh Kemendagri ini menghadirkan keempat Kementerian dan Lembaga yakni Kementerian Kominfo yang memaparkan program prioritas 2019 wujud pemenuhan warga negara untuk memperoleh informasi dan komunikasi.

Sedangkan Badan Pusat Statistik yang menggelar seminar “Satu Data Indonesia” untuk Renstra Daerah. Demikian pula Kemenpan RB dengan penekanan pengelolaan Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Badan Siber Sandi Nasional (BSSN) agar semakin memperkuat pengamanan informasi di daerah serta menangkal berita-berita yang hoax” pungkas H Suwarno (hmskmf).

Share: