Selasa, 16 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Pimpinan

Kemenkopolhukam Berikan Wawasan Kebangsaan Di Kapuas

by Opr. SIBER_1 - 2018-09-20 14:05:00 861 Dibaca
Kemenkopolhukam Berikan Wawasan Kebangsaan Di Kapuas
Kemenkopolhukam Berikan Wawasan Kebangsaan Di Kapuas

KUALA KAPUAS - Kementerian, Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) Republik Indonesia melalui Sekretaris Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa, Brigjen Pol Drs Mamboyng memberikan secara langsung wawasan kebangsaan dan bela negara, yang dikuti oleh Sekda Kabupaten Kapuas, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Kapuas, para anggota Polres Kapuas serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat, Kamis (20/9) siang di Ruang Rapat Bupati Kapuas.

Kedatangan Sekretaris Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa tersebut disambut langsung oleh Pj Bupati Kapuas Agus Pramo S.Sos, yang mana ia menyampaikan bahwa suatu kehormatan bisa mendengar langsung wawasan kebangsaan dan bela negara dari Kemenkopolhukam Republik Indonesia yang pada kesempatan itu Brigjen Pol Drs Mamboyng selaku Sekretaris Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa. ia berpesan agar apa yang disampaikan nantinya dapat diteruskan. "Semoga apa yang disampaikan dapat kita bagikan dan teruskan sehingga seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas dan memiliki wawasan kebangsaan dan bela negara," ucapnya.

(Baca Juga : BPPRD Kabupaten Kapuas Kembali Selenggarakan Gebyar dan Panutan Pajak Tahun 2023)

Sementara Sekretaris Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa menerangkan bahwa pemantapan wawasan kebangsaan bertujuan agar setiap warga negara Indonesia memiliki pemahaman dan kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah NKRI dengan sesanti Bhineka Tunggal Ika yaitu empat konsensus dasar bangsa.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan mengenai Pidato Kenegaraan pada tanggal 16 Agustus 2017 yang disampaikan oleh Ir H Jokowi Dodo. "Jenis ancaman yang kita hadapi sekarang bukan lagi hanya serbuan dari negara lain tetapi ancaman baru berupa gerakan ekstrimisme, gerakan radikalisme, gerakan terorisme, perdagangan manusia, kejahatan narkoba, penyelundupan senjata dan kejahatan siber karena itu saya serukan kepada seluruh rakyat Indonesia, untuk terpanggil menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaan kita untuk ikut serta bela negara, dimanapun kita berada, apapun pendidikan kita, apapun profesi kita, apapun pekerjaan kita, semuanya punya hak, semuanya punya kewajiban, semuanya punya kesempatan yang sama untuk bela negara,"

Seusai memberikan wawasan kebangsaan dan bela negara Sekretaris Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa memberikan secara langsung buku Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam Persatuan dan Kesatuan Bangsa kepada Pj Bupati Kapuas. (hmskmf)

Share: