Sabtu, 20 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Forum Komunikasi Lurah Kabupaten Kapuas

95 RUMAH DI PANAMAS DAPAT BANTUAN METER AIR

by Kel. Panamas - 2018-10-12 08:40:00 1,825 Dibaca
95 RUMAH DI PANAMAS DAPAT BANTUAN METER AIR
95 RUMAH DI PANAMAS DAPAT BANTUAN METER AIR

KUALA KAPUAS – Kelurahan Panamas merupakan salah satu kelurahan di kecamatan Selat Kabupaten Kapuas yang belum mendapatkan jaringan Air bersih dari PDAM. Namun demikian upaya untuk ketersediaan sarana air bersih bagi masyarakat terus dilakukan, pada Tahn 2015 telah dibangun sarana fisik Penyediaan air bersih Program Pamsimas untuk memberikan fasilitas air minum atau air bersih bagi masyarakat. Sarana Air bersih tersebut dikelola oleh BP-SPAMS Kelurahan Panamas yang di ketuai oleh Aspiani.  

Lurah Panamas Slamet Riyadi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas yang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat diantaranya membangun jaringan air bersih ini di Kelurahan Panamas. "Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas yang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat diantaranya membangun jaringan air bersih ini di Kelurahan Panamas yang mana sangat membatu masyarakat," ucapnya.

(Baca Juga : Selat Dalam Raih Juara 2 Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2018)

Tahun 2018 ini pemerintah Kabupaten Kapuas melaui Dinas Pekerjaan Umum PRPKP Bidang Cipta Karya melakukan peningkatan fasilitas bangunan sarana air bersih tersebut dengan membangun jaringan air yang semula menghasilkan 1 lt/detik menjadi 2 Lt /detik,  melaui program kegiatan peningkatan kapasitas Spam Kelurahan Panamas dari 1 Lt/detik menjadi 2 Lt/detik. Dengan adanya program kegiatan ini sebanyak 95 rumah masyarakat kelurahan Panamas akan mendapatkan sambungan meter air. Kelurahan Panamas terdiri dari 12 RT dan  502 KK.  Jangkauan pipa distribusi yang tersedia saat ini baru RT 01 sampai RT. 05  sepanjang + 1.470 m, sehingga masih 7 RT  yang belum mendapatkan jaringan distribusi air atau sepanjang + 3.000 m, yang mana Saat ini sedang dilaksanakan pengeboran sumber air baku dan penyambungan meter air ke rumah-rumah masyarakat.

Lebih lanjut Lurah Panamas juga berharapan agar pekerjaan tersebut dapat terselesaikan sampai air benar-benar mengalir ke rumah masyarakat dan dapat memberikan dampak positif yang nantinya akan menjadi bagian dari upaya penunjang peningkatan kesejahteraan lainya diantaranya bidang kesehatan lingkungan masyarakat seperti Gerakan Buang Air Besar Sembarangan Nol (BASNO) dan meminta kepada pihak terkait untuk dapat memberikan pelatihan kepada pengelola BP-SPAMS guna peningkatan kapasitas pengelola BP-SPAMS. "Kami juga memohon kepada pihak terkait Dinas PU, BPMD, Dinas Perindagkop UKM, dan PDAM Kabupaten Kapuas dapat memberikan pelatihan kepada pengelola BP-SPAMS guna peningkatan kapasitas pengelola BP-SPAMS. Kedepan semoga distribusi air bersih ini dapat dinikmati seluruh masyarakat kelurahan Panamas serta bisa dikembangkan ke Kelurahan Murung Keramat dan Desa Pangkalan Rekan," ungkap lurah Panamas. (kelpm/kmf)   

Share: