Desa Bungai Jaya Wakili Kalteng Kenalkan Nanas Madu ke Malaysia Expo

  • Kontribusi dari ADMIN KOMINFO KPS, 17 April 2018 21:13, Dibaca 46 kali.

Kuala Kapuas- Pengolahan nanas madu menjadi sirup, selai, kripik, dan lainnya, menghantarkan Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, menjadi salah satu peserta pameran di Malaysia Expo.
Berbagai macam olahan berbahan dasar nanas itu tercipta berkat kepiawaian dan kejelian pengurus serta anggota PKK Desa Bungai Jaya dalam melirik potensi nanas.
Pasalnya, setiap hari produksi nanas di Kecamatan Basarang selalu melimpah. Hingga dijual ke Kota Palangka Raya, Pulang Pisau, bahkan ke Kota Banjarmasin (Kalsel).
Kecamatan Basarang memang sudah menjadi daerah sentra nanas sejak sekitar 50 tahun yang lalu. Daerah itu merupakan tempat transmigran asal Bali dan Pulai Jawa. Mereka mulai mendiami Basarang sekitar tahun 1964.


Memang masih banyak produk unggulan Basarang lainnya, seperti sayur sawi, bayam, daun seledri, lombok, salak, tomat, pepaya, cempedak, dan ketela.
Namun yang sangat terkenal dan banyak ditanam warga Basarang ialah nanas. Petani nanas tidak perlu bingung menjual hasil panen mereka karena ada pengusaha yang rutin datang untuk membelinya.
Kades Bungai Jaya, Kadiman, Rabu (28/3/2018), mengatakan saat ini pihaknya tengah bersiap mengikuti pameran di Malaysia Expo.
"Kami dipercaya mengikuti pameran ke Malaysia Expo karena beberapa bulan yang lalu kami lolos seleksi dari semua Badan Usaha Masyarakat Desa (BUMdes) binaan dari BRI," ungkap Kadiman.
Mereka yang berangkat untuk memperkenalkan produk nanas Kecamatan Basarang ialah Kadiaman dan Endang Prihatin.

(Baca Juga : Safari Ramadhan Perdana Pemkab Kapuas)


"Kami berangkat ke Malaysia Expo Sabtu (31/3/2018). Mohon doanya agar hasil yang kami pamerkan mendapat respons dan banyak pesanan atau order dari orang di Malaysia Expo maupun masyarakat Indonesia yang tinggal di sana," harapnya.
 Dengan dipercaya mengikuti Malaysia Expo, Kadiman berharap, Pemerintah Provinsi Kalteng maupun dari Pemkab Kapuas memberikan perhatian lebih terhadap petani di Desa Bungai Jaya. Sehingga bisa menjual produk mereka hingga ke luar Kalteng. 

 

Instagram

Facebook

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta