Kamis, 28 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Kesehatan

RSUD Kapuas Lakukan PKRS Tentang Diet Rendah Garam Untuk Penyakit Hipertensi

by RSUD KAPUAS - 2018-11-01 09:00:00 993 Dibaca
RSUD Kapuas Lakukan PKRS Tentang Diet Rendah Garam Untuk Penyakit Hipertensi
RSUD Kapuas Lakukan PKRS Tentang Diet Rendah Garam Untuk Penyakit Hipertensi

KUALA KAPUAS - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas aktif lakukan Penyuluhan atau Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), Kamis (1/11) pagi, bertempat di Ruang Tunggu Poli Klinik Rawat Jalan RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Adapun yang menyampaikan penyuluhan pada kesempatan itu adalah Ramil Yana, S.Gz selaku Ahli Gizi terkait tentang Diet Rendah Garam Untuk Penyakit Hipertensi. Ramil menjelaskan Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 140 / 90 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras keseluruh tubuh, hingga dapat menimbulkan berbagai penyakit.

(Baca Juga : Kecamatan Bataguh Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelajar dan Masyarakat Lainnya )

"Gejalanya antara lain, secara umum terlihat sehat, pada sebagian besar hipertensi tidak menimbulkan gejala. Gejala ulang mungkin terjadi seperti sakit kepala, berdebar debar, sesak, susah tidur, migrain, dan mudah tersinggung. Penatalaksanaan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan Non Farmakologis perubahan gaya hidup seperti penurunan berat badan, memperbaiki pola makan, aktifitas fisik atau aerobik, tidak minum alkohol dan berhenti merokok serta diet rendah garam, dan Farmakologi) dengan obat-obatan", jelasnya.

Ramil juga menerangkan tujuan diet membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mehilangkan penimbunan cairan dalam tubuh atau edema seperti bengkak. Makanan yang diperbolehkan untuk penderita hipertensi yaitu bahan makanan dari hewani dalam jumlah terbatas seperti daging, ayam, ikan, telur ayam, telur bebek, susu segar, semua bahan makanan segar diolah dari tumbuh-tumbuhan seperti beras, kentang, ubi, kacang tolo, tempe, tahu, oncom, sayur dan buah-buahan. Makanan  yang tidak diperbolehkan adalah Roti, biskuit, krakers yang dimasak dengan garam dapur atau soda, dendeng, abon, daging asap,ikan asin, ikan pindang, sarden, ebi, telur asin, keju, margarin, mentega, acar,asinan sayuran, asinan buah, garam dapur, vetsin, soda kue,kecap, terasi, dan petis.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan bagai mana tips untuk orang yang Hiperti yaitu dengan diet rendah garam. "Tips menjalani diet rendah garam seperti kurangin garam pada masakan, hati–hati dengan makanan dan minuman yang mengandung garam tersembunyi, baca label makanan saat membeli makanan kemasan, jaga tekanan darah agar tetap normal dengan empat hal yitu aktif bergerak, mulai masak makanan sendiri dirumah, jaga pikiran jangan sampai stres, dan olah raga", pungkasnya. (rsud/hmskmf)

 

Share: