Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Hari Pahlawan Gugah Semangat Patriotisme Pramuka

by Opr. SIBER_1 - 2018-11-10 09:16:00 1,360 Dibaca
Hari Pahlawan Gugah Semangat Patriotisme Pramuka Mengheningkan Cipta : Ketua Kwartir Ranting Tamban Catur Bastoni SPdI beserta Pembina dan Pramuka Penegak mengheningkan cipta selama 60 detik di pusara Taman Makam Pahlawan Surya Candra Anjir Serapat Km.11 Kapuas Timur Kabupaten Kapuas Sabtu (10/11) pagi
Hari Pahlawan Gugah Semangat Patriotisme Pramuka Mengheningkan Cipta : Ketua Kwartir Ranting Tamban Catur Bastoni SPdI beserta Pembina dan Pramuka Penegak mengheningkan cipta selama 60 detik di pusara Taman Makam Pahlawan Surya Candra Anjir Serapat Km.11 Kapuas Timur Kabupaten Kapuas Sabtu (10/11) pagi

KUALA KAPUAS – Hari Pahlawan yang diperingati bangsa Indonesia setiap tanggal 10 November bertujuan untuk menggugah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai baik “panutan” agar figur teladan pencapaian jati diri dalam bangsa dan negara untuk membangun negara Kesatuan Republik Indonesia pada masa kini dan mendatang.

Peringatan Hari Pahlawan ke 73 Tahun 2018 dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan melakukan upacara bendera diseluruh Dinas/Instansi/BHUMN/BUMD, Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan (TMP) serta mengheningkan cipta serentak se Indonesia pada Sabtu (10/11) pukul 08.15 waktu setempat.

(Baca Juga : Update Data Kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas (26 Mei 2021))

Adapun Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas selain mengikuti ziarah, tabur bunga dan mengheningkan cipta serentak di TMP Kencana di Kota Kuala Kapuas juga melakukan hal yang sama di TMP Surya Candra Anjir Serapat Km.11 Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Ketua Kwartir Cabang Kapuas Rianova SH melalui Bastoni SpdI (Ketua Kwaran Tamban Catur) berikut hampir 60 Pramuka Penegak Gudep Pangeran Diponegoro MA Darussalam Catur.

Sementara itu Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas Suwarno Muriyat mengutarakan bahwa hampir seluruh Kwaran dan Gudep yang tersebar di 17 Kecamatan melakukan hal yang sama sebagai wujud pengakuan, penghormatan dan penghargaan kepada para pelaku perjuangan sekaligus untuk menggugah semangat Anggota Pramuka dalam menuntut ilmu serta bersama masyarakat membangun bangsa.

“Tujuan Gerakan Pramuka sebagaimana dinyatakan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 adalah untuk membentuk setiap Pramuka agar menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, memiliki akhlak yang mulia, mempunyai jiwa patriotik, taat terhadap hukum, dan disiplin. Selain itu juga pribadi yang menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia, serta memiliki dan menguasai kecakapan hidup.

Dengan itu semua diharapkan menjadi kader bangsa yang mampu menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia sekaligus mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hidup, hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan ke-73 tahun 2018 “Semangat Pahlawan di Dadaku” selalu menjadi akar kehidupan nasionalisme dan patriotisme para Pembina dan Anggota Pramuka” rilis Suwarno Muriyat.

Pria yang juga Plt.Kadis Kominfo Kapuas itu menambahkan untuk mempersiapkan kader-kader Pramuka handal pihaknya selalu mengedepankan PDMPK (Prinsip-Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan). “Kedelapan PDMPK  itu adalah kewajiban terhadap Tuhan dan Agama, setia kepada bangsa dan Negara, persahabatan dan persaudaraan sedunia, menolong sesama hidup, satya dan darma pramuka, kesukarelaan, non politik dan metode latihan yang unik atas dasar sistem beregu, sistem tanda kecakapan dan kegiatan di alam terbuka” pungkas Suwarno Muriyat (hmskmf)

Share: