Kabupaten Kapuas Miliki 2.030 UMKM

Kontribusi dari ADMIN KOMINFO KPS, 23 April 2018 18:56, Dibaca 102 kali.

Kuala Kapuas, Kalteng, 26/2 (ANTARA) - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menyingkap perkembangan UMKM di daerah itu sudah mencapai 2.030 unit.

Kepala Bidang UMKM Disperindagkop Kabupaten Kapuas, Lumban Situmorang, di Kuala Kapuas, Selasa mengatakan jumlah unit usaha terbanyak pada jenis usaha makanan dan minuman, meskipun sampai sejauh ini belum pernah dilakukan pemutahiran data.

(Baca Juga : Pj Bupati Buka Langsung Bimtek Bagi Kepsek Dan Guru)

"Data tersebut masih belum pernah dilakukan pemutakhiran, sehingga kami juga tidak mengetahui berapa jumlah UMKM di daerah ini, namun tren pertumbuhan UMKM di Kabupaten Kapuas diperdiksi mengalami kenaikan sebesar 0,7 persen," katanya.

Ia merinci jumlah UMKM terdiri dari 1.420 unit usaha mikro, 608 unit usaha kecil dan dua unit usaha menengah.

Sehingga dengan belum dilakukan pemutakhiran data UMKM untuk seluruh kecamatan di daerah itu mengakibatkan Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Kapuas mengalami kendala untuk melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM.

"Tujuan dilakukan pemutahiran data jumlah UMKM yang semestinya dilaksanakan setiap tahun ini untuk mengetahui perkembangan jumlah UMKM per tahun," katanya.

Seperti usaha kerajinan anyaman purun dan rotan yang saat ini jumlahnya masih sangat sedikit yang semestinya dengan adanya kebijakan larangan eksport rotan mentah usaha ini jumlahnya mengalami peningkatan.

"Dengan adanya kebijakan larangan eksport rotan, semestinya ini peluang bagi usaha industri rotan dalam skala industri rumah tangga, namun perkembangannya masih biasa-biasa saja," katanya.

Karena industri rotan ini juga tidak hanya ada di Kabupaten Kapuas tetapi juga daerah-daerah lainya, sehingga industri rotan dari Kabupaten Kapuas kalah bersaing, padahal bahan bakunya berasal dari Kabupaten Kapuas.

"Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan industri rotan dalam skala rumah salah satunya melalui berbagai pelatihan," katanya.

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta