Disperindagkop UMK Kapuas Bangun Gapura OVOP

  • Kontribusi dari ADMIN KOMINFO KPS, 00 0000 00:00, Dibaca 19 kali.

Kuala Kapuas - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (Disperindagkop UMK) Kabupaten Kapuas membangun gapura One Village One Produk (OVOP) di Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat.

Menurut Kepala Disperindagkop UMK Kapuas melalui Kabid Perindustrian Ferdinan Junarko, OVOP merupakan suatu pendekatan pembangunan untuk memajukan ekonomi daerah dengan membuat produk spesifik di setiap desa.
"Kami mendirikan dua gapura OVOP, yakni di Desa Pulau Telo Lama dan Desa Pulau Telo Baru, karena dua kawasan ini sudah ditetapkan sebagai kawasan industri kerajinan tangan terutama anyaman rotan," kata Ferdinan saat ditemui Borneonews di kantornya, Jumat (29/12/2017).
Ia melanjutkan Kabupaten Kapuas telah mendapatkan penghargaan OVOP Bintang Tiga untuk industri kerajinan tangan. Sehingga, saat ini juga mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng).
Oleh karena itu, lanjut dia, Pemkab Kapuas serius membangun dua sentra OVOP di dua desa dengan badan usaha yakni UD Manuntung dan UD Nabil Rehan. "Dua usaha dagang (UD) itu di Desa Pulau Telo Lama dan Pulau Telo Baru, Kecamatan Selat. Warga dua desa itu 80 persen berprofesi sebagai perajin rotan," terang dia.
Ke depan, kata Ferdinan, pihaknya juga akan membangun satu gapura OVOP lagi di Desa Dahirana, Kecamatan Kapuas Hilir untuk sentra getah Nyatu. "Saat ini kebanyakan warga yang mengerjakan kerajinan (rotan) rata-rata di rumah masing-masing, modal skill sudah punya, tapi bahan baku masih mendatangkan dari luar, dibeli dari Kasongan, Sampit dan Pangkalan Bun," pungkas dia.

(Baca Juga : KAFILAH KAPUAS KOLEKSI SEJUMLAH JUARA MTQ)