Olahan Ikan Kapuas Mampu Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan

  • Kontribusi dari ADMIN KOMINFO KPS, 00 0000 00:00, Dibaca 24 kali.

Kuala Kapuas - Meningkatnya jumlah produksi ikan di Kabupaten Kapuas yang mencapai belasan ribu ton setiap tahunnya menjadi peluang besar bagi masyarakat untuk memproduksi berbagai olahan ikan yang dapat menambah pendapatan dan meningkatkan taraf hidup warga setempat. 

 Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas melihat ini dan secara gencar memperkenalkan produk olahan produksi ikan berupa berbagai makanan dari bahan baku ikan dengan menggelar pelatihan yang mengajarkan masyarakat bagaimana membuat atau mengolah produk makanan dari ikan.

(Baca Juga : Bank Sampah “SINAR HARAPAN MULYA” Terus Berkembang)

 Kabid Bina Usaha Perikanan, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Arjoni mengatakan, terus meningkatnya jumlah produksi ikan berbagai jenis setiap tahunnya di Kabupaten Kapuas seperti terakhir 14.540,13 ton di tahun 2016, membuat pihaknya gencar melakukan pelatihan kepada masyarakat terkait bagaimana mengolah produk ikan.

 "Ikan yang melimpah tidak hanya untuk langsung dikonsumsi, tetapi dibuat menjadi produk dengan nilai ekonomi lebih tinggi. Dengan begitu varian makanan ikan lebih banyak dan diharapkan semakin banyak masyarakat yang bisa membuat produk olahan dari ikan, yang otomatis ini dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan atau penghasilan ibu-ibu rumah tangga," ujar Arjoni, Senin.

 Ia mengatakan, seperti pelatihan yang digelar Jumat (11/8) lalu, pihaknya bekerjasama dengan Karang Taruna Kelurahan Selat Dalam Kecamatan Selat menggelar pelatihan produk olahan serba ikan.

 Puluhan masyarakat khususnya wanita yang datang dari berbagai penjuru di Kabupaten Kapuas diajarkan untuk membuat berbagai produk olahan dari ikan seperti abon ikan, nugget ikan, akar pinang, bronis ikan dan cendol ikan.

 "Harapan kita juga nantinya, dengan adanya banyak varian makanan dari ikan ini, bisa membuat masyarakat semakin gemar makan ikan. Kita beritahukan juga kepada masyarakat, kalau kita memiliki outlet yang menjual berbagai produk dari ikan di jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas, silahkan datang kesana," ucapnya.