Mengulik Budaya Dayak

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 17 Juni 2019 07:23, Dibaca 208 kali.

Oleh

Dr Rusma Noortyani MPd

(Baca Juga : RSUD Kapuas Lakukan Penyuluhan tentang Penyakit Katarak)

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

 


Penggiat budaya di daerah memiliki kompetensi dalam rangka menyampaikan akses informasi kebudayaan, mengonsolidasikan hal-hal yang berkaitan dengan bidang kebudayaan, dan melakukan pencatatan data kebudayaan. Para penggiat budaya di Kabupaten Kapuas terus berusaha menggali dan mempertahankan budaya yang menjadi aset berharga untuk menjadi daya tarik. Rasa bangga dengan para penggiat budaya disampaikan Bupati Kapuas saat pelepasan kontingen Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Kabupaten Kapuas tahun 2019. Berkaitan dengan hal tersebut, Kabupaten Kapuas mengirimkan 115 orang yang terbagi menjadi 96 orang kontingen dan 19 orang pendamping untuk mengikuti 16 cabang lomba FBIM. 

Ketika pelepasan kontingen FBIM ditampilkan empat kategori yang akan diperlombakan, yaitu Penampilan Jagau Linga dan Bawi Kameluh 2019 Kabupaten Kapuas, dilanjutkan dengan silat Dayak Lawang Sekepeng Putra dan Putri, Karungut Putri, dan Tari Pedalaman Raja Tuntung Buhai Bapa Laut Bulan Haramaung Pangumbang Langit Batu Belum dari Sanggar Tari Riak Nyalong. Tampak hal unik yang dapat ditemukan di FBIM, seperti berbagai pertunjukan seni dan budaya, masakan tradisional, dan beragam perlombaan olahraga tradisional. Festival diselenggarakan selama enam hari ini setiap tahun dapat menyedot wisatawan terutama wisatawan nusantara berkunjung ke Kalimantan Tengah. Acara tersebut awalnya dilaksanakan mulai 1993 untuk merayakan hari jadi Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila. 

Pembukaan acara berlangsung di Bundaran Besar Palangka Raya diikuti oleh sorotan utama festival, karnaval budaya. Karnaval ini akan menampilkan ribuan peserta dari semua kota dan kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah. Ketika itu mulai dari kantor gubernur, melewati Istana Isen Mulang, bersama dengan jalan-jalan utama kota, sebelum kembali ke Bundaran Besar. FBIM dapat lebih banyak menarik jumlah wisatawan apalagi lokasi pelaksanaannya ada di Palangka Raya. Selain masyarakat lokal, baik di Provinsi Kalimantan Tengah maupun provinsi lain di Kalimantan. Harapannya juga wisatawan mancanegara tertarik karena festival tersebut dikemas dalam bentuk karnaval dan sejumlah lomba berbasis budaya. 

Dalam karnaval FBIM jalan-jalan di Palangka Raya akan dipenuhi dengan tarian tradisional etnis Dayak yang yang penuh warna disertai banyak atraksi lainnya. Acara bertambah meriah karena diadakan sejumlah kompetisi termasuk kompetisi fotografi, kompetisi perahu tradisional jukung, festival kuliner tradisional, dan kompetisi tarian dan lagu tradisional. Sebuah karya seni pertunjukan karnaval menggambarkan kekayaan budaya Dayak dan pariwisata Kalimantan Tengah serta potensi pembangunan ekonomi unggulan daerah kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Tengah.

Para penggiat budaya dapat berinovasi dalam garapan budaya dapat berbentuk kesenian unik karena mencakup tradisi yang berkembang sampai sekarang. Kesenian oleh masyarakat masa kini tetapi tetap bernafas budaya lokal. Inovasi isi pertunjukan yang diekplorasi dapat berupa tema, desain busana, bahan pembuatan busana, bentuk pertunjukan, dan penambahan unsur pertunjukan yang sesuai. Selain inovasi isi pertunjukan dalam festival juga dapat dilakukan dalam pengelolaan dengan mengembangkan kualitas area pertunjukan, akses pertunjukan, dan hal lain yang mendukung terselenggaranya pertunjukan FBIM. FBIM telah memperlihatkan pola kebudayaan Dayak yang mampu meningkatkan pariwisata dan juga mampu memajukan kebudayaan. Konsep pengembangan budaya lokal yang selalu mengangkat identitas daerah supaya dapat menjadi komoditas daerah di Kalimatan Tengah. Penggiat budaya memiliki keteladanan dalam mengembangkan lingkungan dan saat berkunjung ke Palangka Raya untuk menyaksikan FBIM dapat mengulik Budaya Dayak di bumi aslinya. (syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta