Perspektif terhadap Program Adipura

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 24 Juni 2019 19:11, Dibaca 307 kali.

Oleh

Dr Rusma Noortyani MPd

(Baca Juga : Bupati Puji Tuhan Bersama Pendeta Cari Dana )

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

Adipura merupakan penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Prestasi yang membanggakan dapat diraih  karena kerja keras dan kerja berkualitas oleh seluruh masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keindahan dalam pengelolaan kota. Dalam rangka peningkatan kapasitas pengelolaan lingkungan hidup di daerah Kementerian Lingkungan Hidup berupaya merumuskan dan melaksanakan sejumlah program yang bertujuan meningkatkan kinerja dalam pengelolaan lingkungan hidup yang baik.

Keberhasilan program adipura memerlukan peran serta berbagai stakeholders didalamnya. Program adipura dilakukan untuk melihat efektifitas program tersebut sebagai upaya mendukung pembenahan tata lingkungan kota, sehingga dapat menciptakan kota hijau berkelanjutan. Kebersihan lingkungan merupakan salah satu tolak ukur kualitas hidup masyarakat (Wibowo, 2009). Faktor-faktor mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap program adipura, yaitu: pengetahuan, pengalaman, ketertarikan, motivasi, dan kebutuhan.

Salah satu aspek yang dapat dijadikan indikator kebersihan lingkungan kota adalah sampah. Permasalahan lingkungan yang terjadi di banyak kota, antara lain masalah kebersihan (sampah), ketersediaan ruang terbuka hijau, pencemaran udara serta pencemaran air, termasuk didalamnya isu perubahan iklim. Persepsi terhadap kebersihan kawasan pasar dan sungai/perairan terbuka sangat terkait dengan pengelolaan sampah di dua kawasan tersebut. Pada kawasan pasar terlihat pengelolaan kebersihan di area pasar dan di sekitar area TPS/kontainer, sedangkan pada kawasan sungai/perairan terbuka terlihat kebersihan di sepanjang badan air dan bantaran sungai. 

Program pemerintah kota terkait lingkungan menunjukkan pengetahuan masyarakat terhadap peraturan-peraturan maupun program-program terkait lingkungan, baik program pengelolaan lingkungan hidup (PLH), program pengelolaan kebersihan (sampah), maupun program pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH). Terkait dengan pengelolaan sampah dibantu adanya pemisahan jenis sampah organik dan anorganik. Pemisahan dilakukan pada tahap pewadahan sampah disertai edukasi kepada masyarakat sehingga jenis sampah tidak bercampur. Pengetahuan mengenai hal-hal terkait program adipura akan mempengaruhi persepsi pro lingkungan dan sikap pro lingkungan kota.

Selain pengetahuan, faktor pengalaman memberikan bentuk dan struktur terhadap objek yang ditangkap panca indera (Mar’at, 1982). Selanjutnya faktor ketertarikan berkaitan dengan minat seseorang terhadap suatu objek. Individu akan mencari tahu informasi terhadap objek yang sesuai dengan minatnya. Proses mencari tahu tersebut berkaitan erat dengan sumber media massa yang digunakan atau dipilih masyarakat dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkannya.

Sosialisasi program adipura yang efektif akan mampu mengubah persepsi, sikap, sampai perilaku masyarakat menjadi pro terhadap lingkungan. Pemberian informasi program adipura dan usaha-usaha pengelolaan lingkungan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat. Sosialisasi melalui surat kabar, televisi, media sosial dapat digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai program adipura dan usaha-usaha pengelolaan kebersihan kota.

Pesan yang terdapat di dalam media massa dapat menjangkau masyarakat untuk memiliki pengetahuan untuk diingat dengan jelas dengan menggunakan visual dan skenario yang bagus. Sikap positif terhadap pemasalahan lingkungan dilihat dari kesadaran pribadi masyarakat dalam rangka melakukan usaha pengelolaan lingkungan. Pentingnya sosialisasi kepada masyarakat mengenai usaha pengelolaan lingkungan kota akan efektif dalam mendukung pembenahan tata lingkungan kota. Hal tersebut dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap upaya pengelolaan lingkungan hidup, kebersihan, dan penghijauan lingkungan.(syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta