Gotong Royong untuk HATINYA PKK

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 30 Juni 2019 17:40, Dibaca 884 kali.

Oleh

Dr Rusma Noortyani MPd

(Baca Juga : Bupati Kapuas pimpin rapat sikapi meningkatnya kasus positif Covid-19)

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

 


Kegiatan PKK menjadi bagian dari pembangunan nasional yang terus-menerus selaras dengan dinamika pembangunan. Kegiatan PKK di Kabupaten Kapuas merupakan bagian integral dari kegiatan PKK secara nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara serasi dan terpadu di Provinsi Kalimantan Tengah. PKK sebagai gerakan masyarakat yang aktif berperan sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berkenaan dengan kesejahteraan keluarga memiliki 10 program pokok, yaitu penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan, dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat. 

Tugas utama Tim Penggerak PKK adalah menguatkan keluarga/masyarakat, sehingga mampu memberdayakan diri untuk mencapai kesejahteraan keluarga. Cara yang dilakukan tim ini, yakni pemanfaatan lahan pekarangan atau bisa disebut dengan menciptakan HATINYA PKK (Halaman Asri Teratur Indah Nyaman). HATINYA PKK di Desa Sidomulyo Kecamatan Tamban Catur Kabupaten Kapuas menjadi lokasi penilaian mewakili Provinsi Kalimantan Tengah. Peninjauan lokasi HATINYA PKK di Desa Sidomulyo memiliki potensi halaman penghijauan dengan tanaman (pangan, produktif, toga) yang sehat dan subur serta berdampak pada halaman yang asri. Asri artinya secara keseluruhan tanaman di halaman harus serasi, selaras, seimbang dan dapat menjadi penghasilan bagi keluarga. Teratur artinya di dalam menanam tanaman di pekarangan harus teratur, sehingga tidak tumpang tindih dalam kebutuhan sinar matahari. Indah merupakan pengelolaan halaman utama harus indah antara penanaman bunga dan sayuran tidak mematikan keindahan, apalagi ditambah gazebo. Nyaman sebagai satu kesatuan tanaman di halaman rumah, pagar, dan tetangga dapat menjadikan nyaman lahir batin, baik untuk yang memiliki maupun yang memandang. Di desa tersebut juga dilengkapi dengan Rumah Pintar Bunda Ary. Ini diharapkan menjadi satu kesatuan yang harus dijaga dan dibina antarwarga.

Fungsi HATINYA PKK meliputi: pertama, fungsi lumbung hidup untuk membantu keluarga menyediakan sumber pangan yang hidup (lumbung hidup), seperti: tanaman pangan dan hortikultura, hasil binatang peliharaan, dan ikan. Kedua, fungsi warung hidup berkenaan pada pekarangan menyediakan berbagai jenis tanaman dan binatang peliharaan yang setiap saat siap dijual untuk kebutuhan keluarga pemiliknya. Ketiga, fungsi apotik hidup terkait dengan pekarangan menyediakan berbagai jenis tanaman obat-obatan, seperti kunyit, kencur, jahe, kapulaga. Keempat, fungsi sosial digunakan untuk tempat bermain, berdiskusi, dan kegiatan sosial lainnya. Hasil pekarangan biasanya saling ditukarkan dengan hasil pekarangan tetangga untuk menjalin keeratan hubungan sosial disamping adanya gotong royong. Kelima, fungsi sumber benih dan bibit di pekarangan artinya mampu menyediakan benih atapun bibit, baik berupa biji-bijian, stek, cangkok, okulasi maupun bibit ternak dan benih ikan. Keenam, fungsi pemberi keasrian dengan pekarangan yang berisi berbagai jenis tanaman. Ketujuh, fungsi keindahan menampilkan pekarangan yang ditanami dengan bunga dan pagar hidup yang ditata rapi. Ketujuh fungsi ini sebagai pengoptimalan sarana gotong royong seluruh keluarga. 

Pemanfaatan tanah pekarangan dengan TOGA, tanaman, lumbung hidup, peternakan, perikanan dapat membantu mencukupi kebutuhan dan juga bisa memperoleh tambahan pendapatan. Pelaksanaan HATINYA PKK di Desa Sidomulyo diharapkan dapat berdampak pada pengembangan industri rumah tangga, penambahan aneka pengolahan komoditas pangan, peningkatan aneka pengolahan tanaman herbal, dan peningkatan pendapatan keluarga.(syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta