FKPT Kalsel Kunjungi Kabupaten Kapuas

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 05 Juli 2019 08:21, Dibaca 389 kali.

KUALA KAPUAS – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT)  Kalimantan Selatan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Kapuas Drs Hidayatullah M.Ikom dan Plt Kepala Badan Kesbang dan Politik Kabupaten Kapuas Marlina beserta jajaran bertempat di Aula Badan Kesbang dan Politik Kabupaten Kapuas, Kamis (04/07/2019) siang.

Kunjungan kerja tersebut juga dihadiri Unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas serta Kepala Satuan Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas. Adapun tujuan kunjungan tersebut untuk belajar, berbagi informasi dan berkoordinasi untuk mencegah terjadinya paham radikalisme dan terorisme terutama di wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan khususnya di daerah perbatasan.

(Baca Juga : Kembali Dishub Lakukan Pencegahan Covid-19 dijalur DAS)

Plt  Kepala Badan Kesbang dan Politik Kabupaten Kapuas Marlina menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja tersebut dan berharap dengan adanya kunjungan ini dapat menambah tali silaturahmi antar sesama. Dirinya juga menambahkan bahwa pencegahan yang dilakukan di Kota Kuala Kapuas lebih kepada melalui pendekatan kepada masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pihak-pihak terkait.

“Mari dengan kunjungan kerja  ini kita saling berbagi pengalaman dalam mendeteksi dini paham radikal dan kita saling berbagi paparan tentang apa yang sudah dilakukan dalam mengatasinya,” ucapnya.

Sementara itu Polres Kapuas, Kejaksaan Kapuas dan BIN Kapuas melalui perwakilannya masing-masing menjelaskan bahwa berbagai upaya dilakukan untuk mencegah paham radikal salah satunya yaitu dengan deteksi dini pada lingkungan RT dan RW karena sangat rentan bila terdapat pendatang baru yang membawa paham radikal.

Pada kesempatan itu juga, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat menyampaikan bahwa Diskominfo Kabupaten Kapuas selalu memantau media sosial karena ditempat tersebut mudah dalam penyebaran paham radikal. “ Diskominfo Kabupaten Kapuas melalui artikel-artikelnya diantaranya tentang budaya mencoba mengalihkan pikiran dari paham radikal  dan melalui siaran radio juga mengajak kepada masyarakat untuk membangun bangsa,” imbuh Suwarno.

Dari Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT)  Kalimantan Selatan sendiri memaparkan bahwa wilayah perbatasan menjadi tempat yang sangat strategis dalam masuknya paham radikal karena jauh dari pusat pemerintahan provinsi dan menegaskan bahwa perlunya pengawasan dalam lingkungan keluarga karena biasanya anak muda rentan dalam kesalahpahaman dan mudah disasar. Untuk itulah diperlukan sinegritas dan koordinasi pihak-pihak terkait dalam menjaga wilayah khususnya Kalteng dan Kalsel dari paham radikal sehingga aman dan kondusif. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta