Partisipasi Meraih Sukses

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 05 Juli 2019 11:01, Dibaca 222 kali.

Oleh

Dr Rusma Noortyani MPd

(Baca Juga : Bupati Pantau Pemilu Serentak dan Berikan Hak Suaranya)

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

 


Prestasi dapat menjadi indikator penting dari hasil yang diperoleh selama mengikuti kegiatan. Muhibbin Syah (2010) mengungkapkan bahwa prestasi merupakan suatu tingkat keberhasilan seseorang dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program. Prestasi terkait dengan kegiatan kampung ramadhan berhasil diraih Kabupaten Kapuas. Keberhasilan Kabupaten Kapuas menjadi juara terbaik satu kampung ramadhan tahun 1440 Hijriah atau 2019 Masehi.

Prestasi membanggakan mendapatkan juara satu terbaik se-Provinsi Kalimantan Tengah. Mencermati laporan yang disampaikan Ketua Harian DMI Kabupaten Kapuas, H Nurani Sarji, keberhasilan Kabupaten Kapuas menjadi juara satu kampung ramadhan, bukan hanya prestasi bagi DMI Kabupaten Kapuas, melainkan prestasi yang diperoleh berkat kerjasama dan bantuan pemerintah daerah serta partisipasi masyarakat.

Partisipasi merupakan keterlibatan masyarakat secara aktif, sehingga masyarakat dapat juga keterlibatan dalam proses penentuan arah, strategi kebijaksanaan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Partisipasi ini berlangsung dalam proses sosial, yakni hubungan antara kelompok kepentingan dalam masyarakat, sehingga demikian mendapat dukungan dalam pelaksanaannya. Berkaitan dengan partisipasi dan motivasi prestasi dapat diwujudkan dengan Kabupaten Kapuas menjuarai kampung ramadhan terbaik dengan mendapat nilai di atas 80, bersaing dengan 14 kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Tengah. 

Masyarakat mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi memiliki ciri-ciri, yaitu: a) mempunyai tanggung jawab pribadi. Masyarakat mempunyai motivasi berprestasi akan melakukan tugas atau bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Masyarakat yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan akan puas dengan hasil pekerjaan; b) menetapkan standar unggulan atau menetapkan nilai yang akan dicapai. Masyarakat menetapkan nilai yang akan dicapai. Untuk mencapai nilai yang sesuai dengan standar keunggulan, masyarakat harus menguasai secara tuntas petunjuk teknis dalam kegiatan; c) berusaha bekerja efektif. Masyarakat yang bermotivasi tinggi, gigih, dan giat mencari cara yang kreatif untuk menyelesaikan tugasnya. Masyakarat mempergunakan beberapa cara dan strategi yang diciptakannya sendiri, sehingga lebih menguasai materi kegiatan dan akhirnya memperoleh prestasi yang tinggi; d) berusaha mencapai cita-cita. Masyarakat mempunyai cita-cita akan berusaha sebaik-baiknya dan mempunyai motivasi yang tinggi dalam kegiatan. Masyarakat akan mengerjakan tugas sampai selesai dan apabila mengalami kesulitan dapat merundingkan denga masyarakat yang lain; e) memiliki tugas yang moderat. Artinya, memiliki tugas yang tidak terlalu sukar dan tidak terlalu mudah. Mengerjakan tugas dengan membagi menjadi beberapa bagian, sehingga menjadi lebih mudah untuk mengerjakan; f) melakukan kegiatan sebaik-baiknya. Masyarakat mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi akan melakukan semua kegiatan sebaik-baiknya dan tidak ada kegiatan yang tidak dilaksanakan; g) mengadakan antisipasi. Melakukan kegiatan untuk menghindari kegagalan atau kesulitan yang dapat terjadi. Antisipasi dapat dilakukan masyarakat dengan menyiapkan semua keperluan sebelum melaksanakan kegiatan McClelland (dalam Sukadji, 2000). 

Motivasi berprestasi merupakan sesuatu hal yang ditumbuhkan, dikembangkan, hasil dari mempelajari melalui interaksi lingkungan (Sobur, 2003). Motivasi berprestasi yang ditunjukkan seluruh pihak untuk membantu dalam menyukseskan kampung ramadhan. Prestasi ini dapat terus dipertahankan dan kedepannya ditingkatkan dengan membentuk pengurus DMI tingkat Kecamatan dan nantinya kampung ramadhan akan dilaksanakan di kecamatan.(syatkmf)

 
 
 
 

 

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta