Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Bupati Bangga Mobil Hias Kapuas Terbaik STQ Nasional

by Opr. SIBER_1 - 2019-07-07 16:00:00 981 Dibaca
Bupati Bangga Mobil Hias Kapuas Terbaik STQ Nasional Juara Pawai : Mobil hias LPTQ Kabupaten Kapuas yang berornamen khas Dayak, berbahan baku tumbuhan Kapuas, kerajinan rotan, anyaman purun berpadu dengan batik Kapuas serta nuansa religius Islami raih juara pertama pada STQ Tingkat Nasional XXV Pontianak Kalimantan Barat
Bupati Bangga Mobil Hias Kapuas Terbaik STQ Nasional Juara Pawai : Mobil hias LPTQ Kabupaten Kapuas yang berornamen khas Dayak, berbahan baku tumbuhan Kapuas, kerajinan rotan, anyaman purun berpadu dengan batik Kapuas serta nuansa religius Islami raih juara pertama pada STQ Tingkat Nasional XXV Pontianak Kalimantan Barat

Kuala Kapuas – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT menyatakan rasa bangga dan apresiasi tinggi atas prestasi mobil hias LPTQ Kabupaten Kapuas yang ditetapkan oleh Dewan Hakim STQ Nasional sebagai peserta terbaik, juara pertama pawai taaruf pada malam penutupan STQ Nasional XXV oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin di Taman Alun Kapuas Pontianak Kalbar Jum’at (5/7) malam. Adapun hadiah dan dana pembinaannya diterima langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya.

“Selamat untuk Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kapuas yang mewakili Kafilah STQ Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Peserta Terbaik Juara Pertama Pawai Taaruf mobil hias pada STQ XXV Tingkat Nasional. Luar biasa, membanggakan Kalimantan Tengah, secara khusus Kabupaten Kapuas. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada LPTQ Kapuas karena ananda Junaidi sebagai peserta hifzhil 5 juz putra asal Kapuas meraih juara kedua tingkat nasional” ucap Ben Brahim.

(Baca Juga : Ziarah Tandai Peringatan HUT KORPRI )

Hal senada diutarakan Ary Egahni Ben Bahat istri orang nomor satu di Kapuas yang juga Ketua LASQI (Lembaga Seni Qasidah Indonesia) Kabupaten Kapuas menyatakan rasa terima kasihnya kepada Tim Kerja Pawai Taaruf atas kehebatannya menggali dan menampilkan berbagai ornamen, potensi dan kearifan lokal Kapuas serta memadukannya dengan filosofis huma betang dan religius Islami sehingga memukau penonton dan dewan juri.

Demikian juga Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan menyampaikan terima kasihnya kepada Bapak Bupati Kapuas yang telah mendukung penuh dana keikutsertaan mobil hias Kapuas pada Pawai Taaruf STQ Nasional XXV di Pontianak. Juga kepada Tim Kerja Pawai Taaruf, Pimpinan Kafilah STQ Provinsi Kalimantan Tengah serta Bapak Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran yang telah mempercayakan LPTQ Kabupaten Kapuas.

Sementara itu Koordinator Tim Kerja Pawai Taaruf Dr H Suwarno Muriyat kepada awak media Minggu (7/7) menyatakan telah menduga jika mobil hias Kapuas akan meraih juara. “Sejak start di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, hampir semua penonton menyatakan mobil hias berbentuk perahu berkepala burung Tingang adalah yang terbaik. Tekhnik pewarnaan “5 Ba” yang sering digunakan suku Dayak berpadu dengan anyaman rotan, purun dan kayu serta dua pasang remaja berbusana benang bintik Kapuas karya Ary Egahni juga lima tokoh agama berbusana sesuai ciri masing-masing mampu memukau penonton disepanjang jalan protokol dalam Kota Pontianak Kalbar.

Dalam mobil hias juga kami tampilkan replika Al Qur’an, lambang negara “burung garuda” foto Gubernur dan Wakil Gubernur, lambang Provinsi Kalimantan Tengah serta berbagai ornamen pulau dalam wilayah NKRI, kubah dan pilar masjid dari anyaman rotan sebagai symbol yang mempertegas sikap kegigihan masyarakat Kalimantan Tengah dalam mewujudkan Kalteng Berkah (Bermartat, Elok, Religius, Kuat dan Amanah)” pungkas H Suwarno Muriyat (hmskmf)

 

Share: