Tekan Angka Stunting, Pemkab Kapuas Gelar Rapat KP2S

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 10 Juli 2019 14:22, Dibaca 144 kali.

KUALA KAPUAS – Untuk menekan angka Stunting Pemerintah Kabupaten Kapuas menggelar Rapat Tim Koordinasi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting (KP2S) Kabupaten Kapuas di Aula Bappeda, Rabu (10/7/19) pagi yang diikuti oleh Plh Sekda Kabupaten Kapuas Andres Nuah.

Pada rapat tersebut Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Yan Hendri Ale didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi menerangkan bahwa stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak lebih pendek untuk anak usianya. Stunting bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti praktek pengasuhan yang tidak baik, terbatasnya layanan kesehatan, kurangnya akses ke makanan bergizi dan kurangnya akses ke air bersih dan sanitasi oleh karena itu ia meminta kepada seluruh tim agar dapat bersama-sama melakukan pencegahan stunting dengan pendekatan multi sektoral melalui konvergensi program disemua tingkatan hingga sampai ke masyarakat.

(Baca Juga : 47 User Perencanaan Segera Dibagikan)

Sebagaimana komitmen Presiden dan Wakil Presiden ia juga menyampaikan bahwa ada lima pilar pencegahan stunting. “Sebagaimana yang disampaikan oleh Wakil Presiden saat memimpin rapat Koordinasi Tingkat Menteri bahwa ada lima pilar pencegahan stunting yaitu yang pertama komitmen dan visi kepemimpinan, kedua kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku, ketiga konvergensi, koordinasi dan konsolidasi program pusat, daerah dan desa kemudian ke empat gizi dan ketahanan pangan serta yang kelima adalah pemantauan dan evaluasi,” ucapnya.

Selain lima pilar pada rapat itu juga disampaikan delapan aksi Konvergensi atau Integrasi Penurunan Stunting yaitu aksi satu analisa situasi, aksi dua rencana kegiatan, aksi tiga rembuk stunting, aksi empat Perbup atau perwali tentang peran desa, aksi lima Kader Pembangunan Manusia (KPM), aksi enam manajemen data, aksi tujuh pengukuran dan publikasi dan aksi delapan review kinerja tahunan. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta