Bupati Minta Pencegahan Kebakaran Hutan Dioptimalkan

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 11 Juli 2019 09:34, Dibaca 352 kali.

KUALA KAPUAS – Memasuki musim kemarau salah satu fenomena atau bencana yang sering terjadi di Indonesia adalah Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA). Informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) bahwa mulai bulan Juni 2019 adalah awal dari musim kemarau dan akan mencapai puncaknya pada bulan Juli sampai dengan September 2019.

Oleh karena itu sesuai dengan Hasil Kesimpulan Rapat Koordinasi Penetapan Status Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 29 April 2019 yang lalu, telah menyepakati Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah berkomitmen bersama-sama untuk mewujudkan “Kalteng Bebas Kabut Asap Tahun 2019”.

(Baca Juga : Ibadah dan Perayaan Natal SPPER Jemaat GKE Mandomai Berlangsung Meriah )

Sehubungan dengan hal tersebut, Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat, MM MT melalui surat dengan Nomor : 360/727/BPBD.2019 meminta kepada seluruh Camat, Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Kapuas untuk memperhatikan beberapa hal diantaranya  mengintensifkan upaya pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya masing-masing dengan melakukan sosialisasi, penyuluhan dan himbauan kepada masyarakat dengan memerintahkan kepada masyarakat pemilik lahan agar membersihkan dan memanfaatkan lahan-lahan terlantar yang menjadi miliknya untuk usaha-usaha yang produktif serta tidak membakar lahan secara sembarangan terutama pada musim kering/kemarau saat ini.

Mengaktifkan SATGAS penanganan KARHUTLA di kecamatan dan desa dengan melibatkan Tripika, Babinsa/Babinkamtibmas, tokoh masyarakat, pemuda dan relawan serta secara rutin bersama-sama melakukan pemantauan ke wilayah-wilayah yang rawan terjadi KARHUTLA dengan melakukan tindakan cepat, merespon sekecil apapun informasi yang diperoleh agar api tidak meluas yang akhirnya akan sulit untuk ditangani.

Kemudian, memberdayakan masyarakat untuk bahu membahu melakukan pemadaman jika terjadi KARHUTLA dengan mengerahkan seluruh sumberdaya yang ada di wilayah desa dan desa-desa sekitarnya serta selalu berkoordinasi dengan SATGAS Kabupaten atau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Memanfaatkan penggunaan dana desa/kelurahan (DD/ADD/Dana Kelurahan) untuk pembelian peralatan pemadam kebakaran (kendaraan roda tiga, mesin pemadam dan perlengkapannya) sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku, yang nantinya dapat difungsikan selain untuk penanganan KARHUTLA juga untuk penanganan kebakaran pemukiman.

Selain itu, dari beberapa hal itu, Bupati meminta kepada Perusahaan Besar Swasta (PBS) khususnya yang bergerak dibidang pertanian/perkebunan dan kehutanan untuk membantu serta berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan KARHUTLA  baik di wilayah konsesi yang menjadi tanggung  jawabnya maupun di desa-desa sekitarnya. Dalam hal ini, ia mengimbau agar perusahaan Besar Swasta bidang pertanian/perkebunan dan kehutanan wajib memiliki sumberdaya manusia, sarana dan prasarana pengendalian kebakaran serta melaksanakan pengendalian kebakaran lahan yang menjadi tanggung  jawabnya sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 11 Tahun 2015 tentang peningkatan  dan pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

Dalam surat yang ditandatangani tersebut, Ben Brahim meminta agar disampaikan laporan secara rutin situasi dan kondisi serta upaya yang telah dilakukan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya masing-masing secara berjenjang  kepada Bupati Kapuas melalui SATGAS Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Kabupaten Kapuas di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas dengan Alamat Jl. Kasturi No.10, RT 06 Pulau Telo Kuala Kapuas. E-mail bpbd.kps@gmail.com, atau melalui Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS-PB) BPBD di nomor HP/WA 0812-7101-3353. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta