Naik Sepeda Ke Pontianak Tempuh Perjalanan 1.300 Km

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 17 Juli 2019 08:45, Dibaca 742 kali.

KUALA KAPUAS – Sepanjang 1.300 Km jarak yang akan ditempuh Eko Subiyantoro dalam melakukan Solo (sendiri) Touring bersepeda  untuk  rumah singgah kanker anak. Pria kelahiran tahun 1972 itu akan melaksanakan solo touring bersepeda dimulai pada tanggal 16 juli 2019 dengan mengambil start di Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan dan finish di Pontianak Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam perjalanannya menuju Pontianak, Eko Subiyantoro yang juga pendiri Tangan-Tangan Relawan pada hari itu terlebih dahulu singgah di Kota Kuala Kapuas disambut langsung oleh Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor didampingi Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat beserta jajarannya.

(Baca Juga : Wabup Hadiri Renungan Suci di TMP Kencana)

Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor dalam kesempatan itu menyambut dengan baik serta menyampaikan terima kasih kepada Eko Subiyantoro yang sudah berkunjung ke Kota Kuala Kapuas. Kota yang Aman, Indah dan Ramah.

Selama singgah di Kota Kuala Kapuas, pada malam harinya Eko Subiyantoro yang pada saat itu akan melakukan diskusi deteksi dini kanker bersama komunitas-komunitas serta organisasi yang ada di Kabupaten Kapuas  yang berlangsung di Rumah Pintar Askari Jl Pemuda Kabupaten Kapuas terlebih dahulu disambut dengan tarian penyambutan oleh Sanggar Tari Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas.

Dalam diskusinya, Dirinya menyampaikan bahwa dalam perjalanan ini selain untuk menggalakkan kampanye deteksi dini terhadap kanker juga sekaligus untuk melakukan penggalangan dana yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan ataupun pembelian rumah singgah kanker anak (Rumah Kita) bagi anak-anak penyintas kanker permanen.

Eko Subiyantoro juga menjelaskan bahwa untuk penyakit kanker itu sendiri tidak bisa hanya diatasi oleh pasien dan keluarga, tetapi diperlukan bantuan-bantuan dari semua pihak dalam proses penyembuhannya.

“Berdasarkan data dari RSUD Ulin Banjarmasin, untuk kejadian kanker selama dua tahun (2013-2015) terdapat sebanyak 158 kasus kanker baru terdiri dari anak laki-laki sebanyak 93 kasus dan anak perempuan sebanyak 65 kasus. Sedangkan untuk kasus kanker terbanyak yaitu Leukemia Limfoblastic akut dengan usia tersering satu sampai empat tahun,” tambah Eko.

Lebih lanjut, dia berpesan kepada generasi muda untuk selalu peduli terhadap sesama, saling membantu apabila ada yang kesusahan dan berani bergerak untuk memulai sesuatu yang sifatnya kebaikan serta untuk selalu  bersyukur terhadap segala sesuatu karena pasti ada pelajaran yang dapat dipetik dari hal tersebut.

Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui perwakilannya Nazmiannoor yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang  E Goverment  pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas  menyampaikan terima kasih kepada pihak  terkait khususnya Rumah Pintar Asmin yang sudah menyediakan tempat untuk kegiatan diskusi tersebut serta terima kasih kepada Eko Subiyantoro yang sudah mampir ke Kota Kuala Kapuas dan memberikan wawasannya  kepada komunitas dan organisasi di Kota Kuala Kapuas yang hadir dalam kegiatan diskusi bersama tersebut.

Kegiatan pun diakhiri dengan penyerahan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kapuas yang pada saat itu diserahkan langsung oleh Nazmiannoor dan diterima oleh Eko Subiyantoro. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta