Keteladanan Peduli Lingkungan

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 18 Juli 2019 17:44, Dibaca 258 kali.

Oleh

Dr Rusma Noortyani MPd

(Baca Juga : 8.772 Peserta Meriahkan Pawai Budaya 2019 )

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

Karakter peduli lingkungan tampak pada tingkah untuk memperhatikan lingkungan yang ada di sekitar dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, mengkonservasi lingkungan, dan mengelola sampah anorganik menjadi kerajinan. Pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang hal yang baik, sehingga terjadi pemahaman dan mampu merasakan nilai yang baik pada akhirnya biasa melakukannya. Perilaku berkarakter ini dapat muncul, berkembang, dan menguat pada diri apabila dimulai dari mengetahui konsep dan ciri-ciri perilaku. berkarakter, merasakan, dan memiliki sikap positif terhadap konsep karakter yang baik disertai terbiasa melakukannya.

Sikap positif masyarakat untuk terus menjaga kebersihan, keindahan, dan kerindangan sebagai Pola Hidup yang Bersih dan Sehat (PHBS) di Bumi Tingang Menteng Pananjung Tarung Kota Kuala Kapuas terus dilakukan. Kwartir Cabang Pramuka Kapuas bekerjasama dengan Kodim 1011/KLK melaksanakan kegiatan Pencanangan Pramuka Peduli Sampah (operasi semut) di sekitar Bundaran Adipura sampai dengan Stadion Kapuas. Perlunya pembinaan kepedulian terhadap lingkungan dapat dilakukan melalui pendidikan karakter peduli lingkungan.

Peduli lingkungan dilakukan oleh pramuka dengan peduli sampah dalam bentuk operasi semut menjadi kebiasaan pramuka. Setiap selesai kegiatan wajib pramuka tidak meninggalkan jejak dengan cara bersama-sama memungut dan membuang sampah pada waktu dan tempat yang telah ditentukan. Karakter peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. 

Peduli lingkungan sebagai sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi (Daryanto, 2013). Aspek-aspek peduli lingkungan yang dikembangkan pramuka, meliputi: pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan, tersedia tempat pembuangan sampah, melakukan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik, mengelola sampah organik dan anorganik, menyediakan peralatan kebersihan. Pramuka diajarkan untuk selalu: 1) menjaga kebersihan lingkungan, baik di sekolah maupun di rumah; 2) ikut menjaga kelestarian alam, baik flora maupun fauna; 3) membantu fakir miskin, yatim piatu, orang tua jompo dan mengunjungi yang sakit, dan sebagainya. 

Setiap anggota pramuka untuk menyatu dengan lingkungan melalui kegiatan-kegiatannya. Kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan tidak dapat tumbuh begitu secara alamiah. Namun, harus diupayakan pembentukannya secara terus-menerus, melalui kegiatan-kegiatan nyata yang dekat dengan kehidupan sehari-hari seperti Pencanangan Pramuka Peduli Sampah (operasi semut).

Pendidikan karakter peduli lingkungan harus dilakukan secara eksplisit (terencana), terfokus, dan komprehensif. Tujuan supaya pembentukan anggota pramuka yang berkarakter dapat terwujud. Untuk membangun kepedulian menjadi tanggung jawab semua pihak. Pramuka dapat secara arif memanfaatkan potensi diri dalam berbuat untuk menciptakan kualitas lingkungan yang kondusif, ekologis, lestari secara nyata dan berkelanjutan. Dengan cara-cara yang simpatik, kreatif, inovatif dengan menganut nilai-nilai dan kearifan budaya lokal. (Wagiyatun, 2011).

Pramuka dapat menjadi tempat yang paling efektif dalam membangun kesadaran dan kepedulian lingkungan. Keteladanan yang diberikan Kwartir Cabang Pramuka Kapuas memiliki kontribusi yang sangat besar dalam mendidik karakter anggotanya. Keteladanan pramuka lebih mengedepankan aspek perilaku dalam bentuk tindakan nyata.(syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta