Masuk 6 Besar, Kapuas Lakukan Paparan KIP

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 24 Juli 2019 10:46, Dibaca 411 kali.

KUALA KAPUAS - Setelah dilakukan Monitoring dan Evaluasi atas pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Kapuas oleh Tim Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah, (16/7/19) lalu. Kabupaten Kapuas menjadi salah satu dari enam kabupaten kota yang dinilai memiliki pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik yang baik hingga diundang ke Kota Palangka Raya untuk melakukan paparan bersama lima kabupaten kota lain yaitu Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kota Palangka Raya, pada Kegiatan Penganugrahan Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019, Rabu (24/7/19) pagi di Hotel Luwansa Kota Palangka Raya.

Melalui video tayangan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi isteri Ary Egahni Ben Bahat dan Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor yang juga bersama isteri Hj Asmah Nafiah, menyampaikan dukungan atas keterbukaan informasi publik yang ada di Kabupaten Kapuas,  kemudian dilanjutkan dengan paparan langsung oleh Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kapuas H Suwarno Muriyat terkait keterbukaan informasi publik serta komitmen dari pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas untuk keterbukaan informasi publik dengan PPID serta masyarakat yaitu dengan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan dampak apa saja yang dapat ditimbulkan dengan adanya Keterbukaan Informasi Publik.

(Baca Juga : Wabup Safari Ramadan Masjid Mambulau )

Lebih lanjut ia juga menerangkan mengenai sejumlah aplikasi yang dimiliki Diskominfo untuk  memudahkan layanan untuk masyarakat. "Dalam keterbukaan informasi publik dan untuk memudahkan masyarakat kita juga memiliki sejumlah aplikasi, yang biasa disebut dengan SIBER yaitu sistem informasi dan berita terintegrasi yang mana didalamnya ada sejumlah dokumen yang bisa diunduh, berita terkini mengenai Kabupaten Kapuas dan aplikasi LAPOR untuk menerima laporan dari masyarakat secara langsung yang kemudian akan ditindak lanjuti ke SOPD terkait serta call center Pemkab Kapuas untuk pusat informasi dan pengaduan bagi masyarakat," ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Tengah Herson B Aden menyambut langsung kedatangan enam kabupaten kota yang melakukan paparan pada hari itu sembari menerangkan bahwa Kegiatan Penganugrahan Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019 tersebut hampir serupa dengan kegiatan penilaian keterbukaan informasi publik tingkat nasional yang pemenang mendapat penyerahan hadiah di Istana Negara.

Penilaian paparan sendiri dilakukan oleh Hendra J Kede Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat didampingi Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah Mambang I Tubil dan Setni Betlina anggota Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah. Ia menerangkan bahwa keterbukaan informasi hendaknya dijadikan budaya, oleh karena itu pada kesempatan tersebut ia mengajak untuk berdisikusi bagaimana menjadikan keterbukaan informasi menjadi budaya melalui paparan dari setiap kabupaten kota yang diberikan waktu selama 15 menit untuk persentasi yang dilanjutkan dengan diskusi. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta