Fungsi dan Potensi Pekarangan

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 29 Juli 2019 07:24, Dibaca 1,768 kali.

Oleh

Dr Rusma Noortyani MPd

(Baca Juga : Musrenbang RKPD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019)

Dosen FKiP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

 


Dukungan dan keikutsertaan secara aktif dari masyarakat dalam hal pangan dapat dimulai dari keluarga. Penguatan keluarga akan mampu untuk memberikan pangan sesuai keperluan keluarga. Aktivitas yang dilakukan dalam keluarga dapat berupa pemberdayaan potensi pangan lokal sekitar. Setiap keluarga diharapkan mampu mengoptimalisasikan sumber daya yang dimiliki berupa pekarangan rumah.

Pekarangan adalah lahan terbuka yang terdapat di sekitar rumah tinggal. Pekarangan bukan hanya untuk menciptakan keindahan dan kesejukan, melainkan untuk meningkatkan perekonomian keluarga masing-masing. Potensi di Desa Sido Mulyo berkaitan dengan kondisi pemanfaatan lahan pekarangan telah dimanfaatkan untuk kegiatan budidaya pertanian dan perikanan. Ada juga yang memanfaatkan lahan pekarangan untuk tanaman hias dan tanaman obat-obatan. Pengetahuan, keterampilan, kesadaran serta memotivasi dimiliki masyarakat di Desa Sido Mulyo, khususnya kelompok ibu-ibu dalam pemanfaatan lahan kosong/pekarangan sebagai sumber pengan/ketahanan pangan dan pendapatan keluarga. Hal ini membuat Desa Sido Mulyo Kecamatan Tamban Catur mendapatkan penghargaan Pakarti Madya II Tingkat Nasional atas prestasi/pelaksanaan terbaik pemanfaatan halaman pekarangan (HATINYA PKK) kategori Tingkat Kabupaten se-Indonesia tahun 2019. Penghargaan ini diserahkan bertepatan dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 tahun 2019.

Masyarakat terutama kelompok ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi PKK di Desa Sido Mulyo telah mengetahui tentang konsep pemanfaatan lahan pekarangan dan dalam praktiknya pun sudah dilakukan. Aktivitas yang dapat mendukung masyarakat untuk menjadi kreatif, mandiri, dan maju secara finansial. Penerapan mengenai beberapa teknik sederhana penanaman lahan pekarangan dan pemeliharaannya dapat diimplementasikan secara mudah oleh masyarakat setempat.

Pemanfaatan lahan pekarangan untuk pengembangan industri rumah tangga merupakan salah satu alternatif untuk mewujudkan kemandirian ekonomi rumah tangga (Kurnianingsih dkk, 2013). Lahan pekarangan mempunyai potensi yang besar dalam rangka mendukung ketahan pangan rumah tangga. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pemenuhan kebutuhan gizi dan pendapatan keluarga yang timbul dari pemanfaatan lahan pekarangan.

Pekarangan merupakan agroekosistem yang sangat baik dan mempunyai potensi dalam mencukupi kebutuhan hidup masyarakat. Jika dikembangkan akan memberikan pendapatan ekonomi rumah tangga, kesejahteraan masyarakat sekitar, dan pemenuhan kebutuhan pasar (Marhalim, 2015). Pemanfaatan lahan pekarangan dilaksanakan melalui peran keluarga di Desa Sido Mulyo dalam menangkap peluang, meningkatkan pendapatan, memberikan nilai tambah bagi kehidupan rumah tangga. Lahan pekarangan memiliki fungsi multiguna untuk menghasilkan: 1) bahan makan sebagai tambahan hasil sawah dan tegalnya, 2) sayur dan buah-buahan, 3) unggas, ternak kecil, dan ikan, 4) rempah, bumbu-bumbu dan wangi-wangian, 5) bahan kerajinan tangan, dan 6) uang tunai (Yulida, 2012). 

Usaha yang berkelanjutan dari masyarakat dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi keluarga (Pangerang, 2013). Cara pemanfaatan lahan pekarangan yang berkesinambungan di Desa Sido Mulyo untuk menunjang kebutuhan hidup keluarga selamanya. Pekarangan yang ditanam seperti jenis sayur-sayuran, buah-buahan, obat-obatan, dan tanaman hias dapat memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari dan selebihnya dapat dijual untuk menambah pendapatan keluarga. Dengan pemanfaatan pekarangan secara berkesinambungan dapat menjamin ketahanan pangan pada setiap rumah tangga. (syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta