Dinas Pertanian Lakukan Sosialisasi Penanganan Hewan Qurban

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 07 Agustus 2019 14:23, Dibaca 238 kali.

KUALA KAPUAS – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas menggelar kegiatan Sosialisasi Penanganan Hewan Qurban di Aula Hotel Permata Inn pada Senin (5/8/2019). Kegiatan tersebut diikuti 50 orang peserta perwakilan panitia qurban yang berasal dari mushola, masjid, lembaga pendidikan, lembaga masyarakat, dan instansi yang ada di Kabupaten Kapuas.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan laporan Ketua Panitia kegiatan Tati Inderawati, S.Pt MM dengan menyampaikan dasar penyelenggaraan kegiatan dan pembiayaan kegiatan serta memperkenalkan para narasumber kegiatan tersebut.

(Baca Juga : Pj Bupati Pimpin Rapat Konsolidasi )

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut secara resmi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Ir. Anjono Bhakti, MM mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk mengantisipasi dan mengamankan masyarakat dari kemungkinan risiko penularan penyakit hewan yang bersifat zoonosis atau penyakit hewan yang dapat menular ke manusia.

Materi yang diberikan oleh narasumber meliputi Tata Cara Penyembelihan Hewan Qurban Sesuai Syari’at Islam yang disampaikan oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Muhammad Poteran Sosilo, SHI, MA. Materi kebijakan pengawasan zoonosis hewan qurban disampaikan oleh Medik Veteriner Muda Pada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah drh. Masrifah Fitromukti.

Tidak hanya materi berkait hukum baik secara agama maupun pemerintahan, materi yang bersifat pedoman dan pengetahuan penanganan hewan qurban pun diberikan dalam kegiatan tersebut. Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas  drh. Anik Ariswandani memberikan materi pedoman pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dan setelah dilakukan penyembelihan. Penyampaian materi lainnya disampaikan oleh drh. Santoso menjelaskan mengenai Kesejahteraan Hewan dan Penanganan Daging yang Higienis.

Dengan pembekalan materi yang cukup kepada peserta, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas selaku penyelenggara mengharapkan terwujudnya pangan asal hewan yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH) dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 H nanti. Kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan tahun ke dua yang dilaksanakan, dan di tahun mendatang akan dilaksanakan kembali. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta