Jumat, 19 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Pertanian & Pangan

Dinas Pertanian Kapuas Lakukan Pemeriksaan Daging Kurban

by Pranata Humas - 2019-08-12 08:19:00 856 Dibaca
Dinas Pertanian Kapuas Lakukan Pemeriksaan Daging Kurban FOTO BERSAMA - Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas didampingi utusan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah drh. Dameriyani Purba di Kuala Kapuas, Minggu (11/8/2019).
Dinas Pertanian Kapuas Lakukan Pemeriksaan Daging Kurban SAMPEL DAGING - Anggota regu Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas drh. Anik Ariswandani beserta jajaran tengah melakukan pendataan dan mengambil sampel daging hewan kurban. Kuala Kapuas, Minggu (11/8/2019).

KUALA KAPUAS - Perhatian pemerintah Kabupaten Kapuas terhadap penyelenggaraan ibadah Kurban pada hati raya Idul Adha 1440 H ditunjukkan dengan pendampingan kepada panitia  pelaksana kurban baik instansi, masjid, mushola, ataupun perorangan yang ada di Kota Kuala Kapuas, Minggu (11/8/2019).

Kegiatan pendampingan dilakukan oleh Dinas Pertanian Kapuas bertujuan untuk menjamin kesehatan hewan kurban pra dan pasca disembelih. Setelah diselenggarakannya sosialisasi penanganan hewan Kurban yang diikuti oleh lebih dari 50 perwakilan panita penyelenggara kurban di Kabupaten Kapuas pada 5 Agustus lalu.

(Baca Juga : Distan Kapuas Adakan FGD Agribisnis Perberasan di Kabupaten Kapuas)

Kegiatan berlanjut pada Sabtu, 10 Agustus dengan melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang ada di UPT Rumah Potong Hewan Dinas Pertanian Kapuas. Lalu rangkaian kegiatan pendampingan adalah dilaksanakannya pemeriksaan kesehatan hewan pasca disembelih, hal ini dilaksanakan untuk menjamin daging kurban yang didistribusikan kepada masyarakat adalah daging yang sehat, penggunaan jenis plastik kemasan yang tepat, dan pemisahan pengemasan bagian jeroan dari daging.

Tim pemeriksa kesehatan hewan kurban terdiri dari 12 orang dari Dinas Pertanian Kapuas dan 1 orang utusan dari Laboratorium Keswan dan Kesmavet Palangka Raya drh. Dameriyani Purba. Tim dibagi menjadi 4 regu dengan wilayah pemeriksaan berbeda.

Kepala Dinas Pertanian Kapuas Ir. Anjono Bhakti, MM melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Tati Inderawati, S. Pt M. Ling menyatakan "Kegiatan pemeriksaan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap perayaan Idul Adha,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap  hewan kurban sebanyak 148 ekor sapi dan 18 ekor kambing, tim tidak menemukan kasus hewan kurban yang sakit. Meskipun demikian kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban penting untuk dilaksanakan ditahun-tahun mendatang. (hmskmf)

 

Share: