70 Calon Anggota Paskibraka Dikukuhkan

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 16 Agustus 2019 09:55, Dibaca 589 kali.

KUALA KAPUAS - Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi isteri Ary Egahni Ben Bahat mengkukuhkan secara langsung 70 siswa siswi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) ditandai dengan pelepasan tanda peserta dan pemasangan kendit di Aula Kantor Bupati Kapuas, Kamis (15/08/2019) sore.

Bupati Kapuas selaku pembina upacara pada pengukuhan tersebut menerangkan bahwa sebagai generasi bangsa harus lebih mengenal jadi diri serta bersikap dan bertindak sesuai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta bertanggung jawab dan rela berkorban untuk ibu pertiwi. Ia juga mengajak untuk bersama-sama menengok perjuangan sejarah para pejuang dalam membela bendera pusaka sang merah putih yang mana pengorbanan demi pengorbanan terjadi untuk kemerdekaan dan cita-cita proklamasi, kesejahteraan seluruh rakyat, harkat serta marbat manusia. "Ingat kerja belum selesai lahan luas terbentang di depan menanti tangan-tangan penerus bangsa," ucap Ben.

(Baca Juga : Ary Egahni Berikan Sosialisasi Mengenai Germas)

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Kapuas itu juga menerangkan bahwa Kemerdekaan saat ini bukanlah hadiah atau pemberian namun kemerdekaan terjadi atas perjuangan para pahlawan, oleh karena itu sebagai wujud penghargaan jasa-jasa pahlawan, sebagai generasi penerus wajib menunjukan perjuangan dalam rangka mengisi kemerdekaan demi kesejahteraan masyarakat, serta terus memperbaharui komitmen dan semangat juang untuk meningkatkan perjuangan bangsa demi masyarakat adil dan makmur.

Untuk para calon anggota Paskibraka ia juga menyampaikan bahwa hari itu adalah hari bersejarah bagi mereka karena para calon anggota Paskibraka dipercaya mengemban tugas untuk mengibarkan bendera pusaka sang merah putih pada 17 Agustus 2019 yang tidak semua orang bisa melakukannya, sembari berpesan agar apa yang diperoleh selama pendidikan dan pelatihan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang menyiratkan harapan masyarakat agar para calon anggota Paskibraka mampu menunjukan sebagai pelajar yang disiplin, berprestasi dan menjunjung tinggi kehormatan harkat dan martabat bangsa.

Kedepan ia berharap para calon anggota Paskibraka dapat menjalankan tugas mulia tersebut dengan baik serta selalu menjaga kesehatan, kedisiplinan serta kekompakan dan mengucapkaan terima kasih serta apresiasi dan penghargaan untuk semua pelatih, pembimbing, pemateri, sekolah serta orang tua yang terus memberikan dukungan dan semangat untuk para calon anggota Paskibraka.

Sementara Tatang Lesmana Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas melaporkan bahwa lama kegiatan yang diikuti oleh para calon anggota Paskibraka selama 16 hari dengan maksud dan tujuan untuk menumbuhkan karakter pimpinan di masa depan sebagai generasi penerus demi membentuk jiwa kepemimpinan yang tangguh untuk menciptakan pemimpin sebagai penerus bangsa yang berguna bagi bangsa dan negara serta bertanggung jawab dan inovatif di lingkungan masyarakat. Adapun jumlah calon anggota Paskibraka sebanyak 70 orang siswa siswi yang merupakan perwakilan perkecamatan dengan jumlah 39 putra dan 31 putri. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta