Gelora Semangat Olahraga

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 09 September 2019 15:08, Dibaca 177 kali.

Oleh

Dr Rusma Noortyani MPd

(Baca Juga : Mahasiswa Politala Sampaikan Aplikasi Selama PKL di Diskominfo )

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

 


Olahraga sebagai suatu bentuk kegiatan yang memiliki banyak manfaat dan secara fisik manfaat dari aktivitas olahraga ini untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jasmani. Budaya berolahraga tidak dapat tumbuh secara instan, tetapi harus melalui proses berjenjang dan berkesinambungan. Tentu saja hal ini dimulai dari lingkungan terkecil sampai komunitas masyarakat yang lebih besar. Untuk itu sangat diperlukan peran serta keluarga dengan menerapkan pola hidup aktif dalam aktivitas sehari hari. 

Gelora semangat berolahraga di masyarakat untuk menciptakan Indonesia sehat dan produktif. Pembangunan olahraga nasional sebagai upaya kegiatan pembinaan dan pengembangan olahraga dan merupakan bagian upaya sumber daya manusia. Upaya tersebut ditunjukan untuk pembentukan watak dan kepribadian termasuk sifat-sifat disiplin dan etos kerja yang tinggi. Sejalan dengan tema Hari Olahraga Nasional ke-36 tanggal 9 September 2019 yakni “Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja”. Tema tersebut bermakna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja serta menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia.

Peringatan HAORNAS menjadi saat yang sangat penting untuk dunia olahraga Indonesia dan momentum yang tepat untuk mengisi pembangunan olahraga melalui pembudayaan olahraga dan peningkatan prestasi olahraga. Dengan harapan dapat memperbesar basis-basis calon olahragawan potensial dan berbakat untuk memperkuat pondasi bangunan keolahragaan nasional yang berdaya saing. Usaha dalam memposisikan olahraga sebagai kebutuhan dan gaya hidup. Selanjutnya usaha dalam membuka ruang untuk memunculkan bibit-bibit potensial olahragawan yang berprestasi dengan dukungan dalam pembinaan dan pengembangan bidang olahraga. 

Pola pembibitan olahraga dilakukan melalui serangkaian proses pembibitan. Hal ini merupakan program jangka panjang pada tahap pondasi pembinaan prestasi yang mengantar atau mempersiapkan atlet pada tahap selanjutnya, yaitu tahap spesialisasi dan tahap prestasi tingkat tinggi. Pembangunan olahraga mencakup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, dan olahraga prestasi. Ketiga lingkup olahraga tersebut dilaksanakan melalui pembinaan dan pengembangan olahraga secara terencana, sistematik, berjenjang, dan berkelanjutan. Ini pun dimulai dari pembudayaan dengan pengenalan gerak pada usia dini, pemassalan dengan menjadikan olahraga sebagai gaya hidup, pembibitan dengan penelusuran bakat dan pemberdayaan sentra-sentra keolahragaan, serta peningkatan prestasi dengan pembinaan olahraga unggulan nasional, sehingga olahragawan andalan dapat meraih puncak pencapaian prestasi.

Tantangan dan persaingan olahraga ke depan semakin kuat dan harus kerja keras untuk mengedepankan pembinaan karakter yang positif dan kebersamaan dalam persaingan yang sehat. Ketika mengurusi bidang olahraga di provinsi dan kabupaten/kota selalu menggelorakan dan menyemarakkan olahraga mulai lingkungan terkecil, sehingga tercapai masyarakat yang sehat dan produktif. Pembangunan olahraga prestasi sangat penting dan dilakukan dengan mengoptimalkan pembinaan yang berjenjang dan berkesinambungan. Selain itu, disertai tersedianya sarana/prasarana dan sumber daya manusia keolahragaan yang cukup serta mengedepankan pendekatan sport science yang tepat dan progresif. Untuk mengatasi tantangan dalam olahraga seyogianya dilaksanakan pembinaan pembangunan olahraga secara terus-menerus ditingkatkan, baik dari kualitas dan kuantitasnya. Pembinaan olahraga yang sistematis dapat mengarah pada peningkatan pengendalian diri, tanggung jawab, disiplin, sportivitas yang tinggi yang mengandung nilai transfer bagi bidang lainnya. Pada akhirnya dapat memperoleh peningkatan prestasi olahraga yang cemerlang. (syat)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta