Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik, Bupati Ingatkan Kembali Peraturan Nomor 24 Tahun 2019

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 18 September 2019 15:04, Dibaca 225 kali.

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas mengingatkan kembali mengenai pengurangan penggunaan kantong plastik. Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, MM.MT melalui Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Andres Nuah mengeluarkan surat dengan Nomor 660/4231/DLH.III/VIII/2019 perihal tentang penyampaian Peraturan Bupati Kapuas Nomor 24 Tahun 2019 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

Di dalam surat tersebut pihaknya berharap kerja sama semua pihak untuk dapat mematuhi dan berperan aktif ikut serta dalam mensosialisasikan pelaksanaan peraturan tersebut secara berjenjang mulai dari lingkungan rumah tangga, tempat tinggal, tempat kerja sampai kepada masyarakat luas.

(Baca Juga : Disarpustaka Kapuas Sambang Buku BAJENTA di Desa Sriwidadi)

Berkenaan dengan hal itu, sesuai Bab III pasal 9 ayat (1) yaitu Penerapan pelaksanaan pengurangan penggunaan kantong plastik berakhir pada tanggal 31 Desember 2019 dan pada ayat (2) Penerapan pelaksanaan penggunaan kantong alternatif ramah lingkungan terhitung mulai 1 Januari 2020.

Adapun tujuan pengaturan terhadap pengurangan penggunaan kantong plastik yaitu diantaranya melindungi wilayah daerah dari pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh penggunaan kantong plastik. Menjamin kelangsungan kehidupan makhluk hidup dan kelestarian ekosistem.

Kemudian, menjamin keselamatan, kesehatan dan kehidupan warga daerah dari ancaman pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup, yang disebabkan oleh penggunaan kantong plastik, serta menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup.

Selain itu, isi pada Bab V Pasal 13 yaitu tentang Peran Serta Masyarakat. Ayat (1) Masyarakat memiliki hak dan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan aktif dalam mengurangi penggunaan kantong plastik. Ayat (2) pemerintah Daerah dapat memberikan dukungan dalam rangka peran aktif  masyarakat. Ayat (3) Peran serta masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan melalui Program Kemitraan, Program Adiwiyata, Program Pemilahan Sampah dari Sumber dan Program Bersih-bersih Lingkungan (pasar, pemukiman, sekolah, perkantoran, jalan dan ruang terbuka hijau).

Di dalam Peraturan Bupati itu pula terdapat Sanksi Administrasi yang di tulis pada Bab VII Pasal 16 yaitu Ayat (1) Bupati menjatuhkan sanksi administrasi kepada pelaku usaha sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Pada Ayat (2) Sanksi Administratif dimaksud Ayat (1) dapat berupa teguran lisan dan teguran tertulis. (Hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta