Pelaksanaan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Kapuas

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 21 September 2019 13:02, Dibaca 313 kali.

KUALA KAPUAS – Dalam rangka meningkatkan Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Kapuas, Kementerian Agama Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas melaksanakan kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama dengan mengundang  berbagai organisasi keagamaan yang ada di Kabupaten Kapuas.

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas, Sabtu (21/09/2019) pagi. Kegiatan itu menghadirkan empat narasumber yaitu dari Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas H Ahmad Bahruni, dari Ketua FKUB Kabupaten Kapuas H Masyumi Rivai, Kabag Hukum Kemenag Kantor Wilayah Kalimantan Tengah H Sujono dan dari Dinas Kesbangpol Kabupaten Kapuas Kabid ekonomi, budaya, sosial dan ormas, Syahlan.

(Baca Juga : Perangkat Desa Kecamatan Pulau Petak Dilantik )

Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sebagai perwujudan komitmen visi kantor Kemenag Kabupaten Kapuas yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Kapuas yang taat beragama,rukun, cerdas, mandiri dan sejahtera lahir batin berdasarkan palsafah ‘huma betang’.

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa tanggungjawab dalam pembinaan kehidupan beragama tidak dapat semata-mata dipikulkan kepada pemerintah melainkan umat beragama itu sendirilah yang pertama-tama dan terutama harus memikul tanggungjawab. “Pemerintah lebih banyak berperan sebagai kekuatan penunjang dan memberikan kesempatan agar pelaksanaan ibadah dan amal agama itu dapat berjalan dengan tenang dan tentram,” jelas Bahruni.

Kemudian, Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas menjelaskan bahwa keberadaan FKUB di daerah mempunyai peran positif dalam menjaga kerukunan intern umat terlebih lagi membantu pemerintah daerah dalam menjaga keseimbangan. Untuk itu, ia berharap agar semua pihak senantiasa menyadari kedudukan masing-masing sebagai komponen bangsa dalam menegakkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pada kesempatan itu, Ketua FKUB Kabupaten Kapuas H Masyumi Rivai dalam paparannya menjelaskan bahwa kerukunan merupakan kebutuhan bersama yang tidak dapat dihindari di tengah perbedaan. Dengan kerukunan antar umat beragama akan terciptanya suasana yang damai dalam bermasyarakat, toleransi antar umat beragama meningkat, menciptakan rasa aman bagi agama lain dan meminimalisir konflik yang mengatasnamakan agama.

“Kendala yang dihadapi dalam mencapai kerukunan umat beragama yaitu rendahnya sikap toleransi, kepentingan politik dan sikap fanatisme. Saya mengimbau agar selalu dilakukan dialog antar pemeluk agama dan menanamkan sikap optimis terhadap tujuan untuk mencapai kerukunan antar umat beragama, jangan perbedaan yang kita cari dan bicarakan melainkan persamaan karena hal itu dapat menjalin persaudaraan dan mempererat tali silaturahmi dan akan tercipta kerukunan itu sendiri, ” imbuhnya. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta