Turunkan Angka Stunting dengan Gemar Makan Ikan

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 11 Oktober 2019 14:50, Dibaca 277 kali.

KUALA KAPUAS - Tim Penggerak PKK Kabupaten Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Kapuas Timur melaksanakan kegiatan Gerakan Edukasi "Aku Anak Indonesia Suka Makan Ikan", yang dibuka secara langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapua Ary Egahni Ben Bahat, SH, yang juga selaku Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Provinsi Kalimantan Tengah dari Partai Nasdem, Jumat (11/10/2019) pagi, di halaman kantor Kecamatan Kapuas Timur.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penyerahan bingkisan kepada 10 Bayi/Balita, 10 anak TK/Paud, dan 10 bingkisan untuk ibu hamil berupa keperluan ibu hamil serta paket ibu bersalin berupa pakaian bayi yang baru lahir. Kemudian, ditempat yang sama, kegiatan dirangkai pula dengan lomba menggambar dan mewarnai tingat TK/PAUD serta makan bakso bahan dasar ikan bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas.

(Baca Juga : Wabup Sambut Tim Akreditasi Rumah Sakit )

Ketua TP PKK Kapuas Ary Egahni dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas doa dan dukungan dari seluruh warga masyarakat Kapuas Timur secara khususnya sehingga ia dalam Pemilihan Legislatif yang lalu dapat dihantarkan menjadi Anggota DPR RI. "Berdasarkan saran dan masukan dari bapak dan ibu saya akan melaksanakan amanah ini dengan baik dan menjadi penyambung lidah masyarakat Kalimantan Tengah," ucapnya.

TP PKK Kabupaten Kapuas memiliki program yaitu dengan Gemar Makan Ikan. Ia mengatakan program tersebut dibuat karena angka Stunting yang ada di Kabupaten Kapuas sangat tinggi. Oleh karena itu, ia menekankan, dengan adanya hal tersebut maka semua pihak harus memaknai itu sebagai suatu penyemangat atau stimulan yang positif supaya semua mampu memberantas dan mengentaskan angka stunting itu.

Ary menjelaskan, menurut pakar kesehatan, 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) seorang manusia disanalah tumbuh kembangnya ditentukan. Untuk itu, Isteri Orang Nomor Satu di Kabupaten Kapuas itu berpesan kepada Kepala Desa yang merupakan Ketua Dewan Pembina PKK Desa dan seluruh kader PKK serta Tokoh Agama dan Masyarakat untuk senantiasa bekerja sama dan selalu jalin komunikasi yang baik dengan mengeksekusi 10 Program Pokok PKK di masyarakat.

"Semua harus bersama-sama, bahu membahu, karena 10 Program Pokok PKK itu dilaksanakan dengan dukungan Bapak Kepala Desa. Mudah-mudahan pemberdayaan keluarga dan masyarakat berujung pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Kalau Sumber Daya Manusia di Indonesianya unggul maka Indonesia akan maju," tegasnya.

Ia berharap, Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa dan seluruh Stakeholders yang ada di masyarakat secara khusus di Kecamatan Kapuas Timur untuk selalu berkoordinasi dengan Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan.

"Kita sudah menginisiasi bagaimana seluruh anak-anak gemar makan ikan, karena ikan memiliki protein dan gizi yang bagus baik untuk anak-anak maupun ibu hamil. Untuk ibu yang memiliki bayi dan balita sejak usia dini mari perhatikan perkembangannya dengan baik, lihat dan tatap mata anak jangan biarkan anak melakukan aktivitasnya sendirian karena akan berdampak buruk pada psikologis, psikomotorik, kecerdasan bahkan kontak matanya,"terang Ary. (Hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta