Ben Brahim Lepas Kirab 2.000 Santri

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 22 Oktober 2019 15:14, Dibaca 459 kali.

KUALA KAPUAS - Peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Kapuas diisi dengan sejumlah kegiatan termasuk Upacara Hari Santri dan Pawai Kirab Santri, dalam peringatan tersebut Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat hadir didampingi isteri Ary Egahni Ben Bahat yang selain sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas kini juga menjabat sebagai anggota DPR RI serta Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muhajirin Antang Kuala Kapuas, Selasa (22/10/19) pagi, yang mana terhitung ada sebanyak 2.000 santri yang mengikuti kegiatan tersebut.

Selain melepas secara langsung pawai Kirab Santri, Bupati Kapuas juga secara langsung menjadi Inspektur Upacara Hari Santri pada hari itu yang mana pada amanatnya menerangkan semenjak ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 sebagai hari santri merupakan wujud untuk mengingat adanya fatwa pertahankan kemerdekaan Indonesia yang melahirkan peristiwa heroik 10 November yang kita peringati sebagai hari pahlawan.

(Baca Juga : Kapuas Kaji Perda LPPL Radio dan Televisi ke Purwakarta)

Terkait tema peringatan hari santri pada tahun ini yaitu santri Indonesia untuk perdamaian dunia, orang nomor satu di Kabupaten Kapuas tersebut juga mengucapkan syukur karena dalam peringatan hari santri kali itu terasa istimewa dengan hadirnya undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pondok pesantren. "Dengan undang-undang ini negara hadir untuk memberikan rekonisi, afirmasi dan fasilitasi kepada pesantren namun tetap menjaga kekhasan dan kemandiriannya, selain itu undang-undang ini pula mengakui tamatan pesantren memiliki hak yang sama dengan tamatan lembaga lainnya," ucap Bupati Kapuas.

Anggota DPR RI yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas dalam kesempatan itu juga secara langsung memberikan motivasi untuk bagaimana para santri menjadi santri yang negarawan yakni santri yang memiliki hati Pancasila sebagai dasar negara dan bagaimana santri bersikap dalam membangun bangsa dan negara.
Sementara Ketua Panitia H Junaidi menerangkan bahwa sejumlah kegiatan telah dilaksanakan sebelumnya hingga pada hari itu puncak kegiatan dengan melaksanakan Upacara Hari Santri dan Pawai Kirab Santri yang diikuti oleh Ponpes yang ada di Kabupaten Kapuas dengan jumlah pelajar 2.000 orang, terkait rute pawai kirap sendiri berlangsung dari Ponpes Al Muhajirin Antang Kuala Kapuas sampai dengan Rumah Jabatan Bupati Kapuas.

Lebih lanjut, Ketua Umum MUI Kabupaten Kapuas yang juga Ketua PC NU KH Nurani Sarji mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kapuas yang telah memperhatikan para santri yang ada di Kabupaten Kapuas, hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas H Ahmad Bahruni bahwa santri dan pendiidkan pesantren dapat ikut membangun bangsa.

Seusai menjadi Inspektur Upacara Hari Santri, Bupati Kapuas juga turut berpartisipasi pada Pawai Kirab Santri dengan ikut jalan kaki sembari membawa bendera merah putih dan sesampai di Rumah Jabatan Bupati Kapuas sejumlah doorprize juga dibagikan kepada santri seperti sepuluh buah sepeda dan hadiah menarik sehingga Peringatan Hari Santri di Kabupaten Kapuas berjalan sangat meriah. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta