100 Generasi Muda Diberi Pengetahuan Tentang Lembaga Legislatif

Kontribusi dari OPR. SIBER_1, 23 Oktober 2019 12:41, Dibaca 407 kali.

KUALA KAPUAS – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai tugas dan fungsi lembaga legislatif serta meningkatkan partisipasi pemilih terutama bagi kalangan generasi muda di Kabupaten Kapuas, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerja sama dengan Badan Kesbangpol Kabupaten Kapuas melaksanakan kegiatan peningkatan kerja sama dengan lembaga legislatif untuk generasi muda tahun 2019 yang mana dibuka oleh Bupati Kapuas diwakili oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah, Rabu (23/10/2019) pagi di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas.

Adapun hadir pada kegiatan tersebut Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng yang diwakili oleh Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Indra Wiratama, Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Darwandie, Segenap Kepala OPD Kabupaten Kapuas serta diikuti 100 peserta meliputi siswa dan siswi sekolah menengah atas sederajat, para mahasiswa yang ada di Kota Kuala Kapuas dan juga dari organisasi yaitu DPD KNPI Kapuas dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas.

(Baca Juga : LPTQ Kapuas Matangkan Persiapan Kafilah ke MTQ Tingkat Provinsi)

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kaban Kesbangpol Provinsi Kalteng karena atas kerja sama dan bantuannya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Dirinya menjelaskan bahwa dalam membentuk karakter yang baik, pendidikan politik harus dimulai dari lingkup yang paling kecil terlebih dahulu yaitu lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan dan lingkungan beraktivitas. Pendidikan politik bagi generasi muda merupakan salah satu upaya yang sangat penting guna mensukseskan kehidupan budaya demokrasi, oleh karena itu pendidikan politik harus terus ditingkatkan agar terbangun karakter bangsa Indonesia yang terbentuk atas dasar kesepahaman bersama terhadap nilai-nilai kebangsaan.

“Saya harapkan kepada para peserta yakni pemuda, mahasiswa dan pelajar secara umum di Provinsi Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Kapuas agar dapat memahami secara benar fungsi dan tugas dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sehingga akan memberikan pencerahan kepada para peserta tentang sistem pemerintahan yang dianut oleh Negara Indonesia sebagai Negara hukum dan Negara Demokrasi,” ucap Andres.

Terkait menyongsong tahun politik di Kalteng pada tahun 2020 mendatang, Bupati Kapuas mengajak masyarakat Kabupaten Kapuas khususnya untuk bersama-sama menjunjung budaya demokrasi yang saling menghormati dan menghargai serta untuk menciptakan suasana yang tertib, aman dan kondusif kemudian menolak berbagai isu sara, berita hoaks maupun ujaran kebencian yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng yang diwakili oleh Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Indra Wiratama dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang tugas dan fungsi lembaga legislatif Provinsi dan Kabupaten di Kalteng serta pemahaman hubungannya dengan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pembangunan. Kemudian juga upaya peningkatan partisipasi dalam pemilihan umum khususnya bagi generasi muda di Kabupaten Kapuas. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta