Kamis, 28 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Kesehatan

Dinkes Gelar Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten

by Opr. SIBER_1 - 2019-10-24 09:35:00 1,179 Dibaca
Dinkes Gelar Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten FOTO BERSAMA - Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Hj. Asmah Nafiah Ibnor didampingi Kepala Dinas Kesehatan Apendi, SKM dan para undangan yang hadir berfoto bersama dengan para pemenang Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2019, Rabu (23/10/2019) kemarin, di Halaman Taman Seni Bundaran Raja Bunu, Kuala Kapuas.
Dinkes Gelar Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten SELAMAT - Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Hj. Asmah Nafiah Ibnor didampingi Kepala Dinas Kesehatan Apendi, SKM menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada para pemenang Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2019, Rabu (23/10/2019) kemarin, di Halaman Taman Seni Bundaran Raja Bunu, Kuala Kapuas.
Dinkes Gelar Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten SELAMAT - Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Hj. Asmah Nafiah Ibnor didampingi Kepala Dinas Kesehatan Apendi, SKM menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada para pemenang Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2019, Rabu (23/10/2019) kemarin, di Halaman Taman Seni Bundaran Raja Bunu, Kuala Kapuas.

KUALA KAPUAS - Dinas Kesehatan menggelar Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2019, Rabu (23/10/2019) kemarin, di Halaman Taman Seni Bundaran Raja Bunu, Kuala Kapuas.

Lomba Balita Sehat (LBS) diikuti oleh 26 Puskesmas untuk kategori 6 sampai 24 bulan sebanyak 24 peserta dan untuk kategori 2 sampai 5 tahun sebanyak 22 peserta. Semua peserta merupakan juara Lomba Balita Sehat Tingkat Kecamatan yang diadakan sebelumnya.

(Baca Juga : Upacara Bendera RSUD Kapuas Pasca Penurunan Pandemi Tahun 2022 )

Untuk Balita yang mendapatkan predikat juara pertama akan diikutsertakan dalam Lomba Balita Sehat Tingkat Provinsi, yang akan dilaksanakan bersamaan dengan Hari Puncak Kesehatan Nasional Tahun 2019 di Palangka Raya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat, SH dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Ketua TP PKK Kapuas Hj Asmah Nafiah Ibnor mengatakan upaya untuk mempersiapkan manusia Indonesia yang berkualitas dan produktif agar tercipta generasi penerus yang handal bagi pembangunan, perlu dilakukan sekarang.

Salah satunya yaitu dengan meningkatkan kesehatan Balita melalui usaha promotif dengan melibatkan peran serta masyarakat melalui Posyandu yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kemandirian para orang tua dan masyarakat dalam pembinaan dan pengembangan kesehatan Balita dari segi fisik, mental sosial.

"Masa depan anak tergantung dari bagaimana kita mempersiapkannya dimasa kini. Untuk mendapatkan anak yang berkualitas diperlukan persiapan yang cukup dari sejak dalam kandungan hingga sampai pada usia Balita," ucapnya.

Ia mengharapkan melalui Lomba Balita Sehat masyarakat menjadi termotivasi untuk terus berupaya mendidik dan menjaga kesehatan anak-anaknya, dimana ibu/keluarga Balita sebagai pengasuh anak merasa terdorong untuk selalu memperhatikan kesehatan dan perkembangan balitanya baik secara fisik maupun mental.  "Melalui lomba ini mampu memberikan motivasi kepada keluarga Balita untuk selalu memperhatikan kesehatan anak balitanya," kata Ary Egahni dalam sambutan tertulisnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Apendi, SKM dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada tenaga kesehatan maupun orang tua yang telah menghantarkan anaknya mengikuti Lomba Balita Sehat, karena lomba tersebut merupakan bagian dalam menurunkan Stunting di Kabupaten Kapuas.

Ia menuturkan, LBS diselenggarakan sebagai salah satu bentuk kepedulian dalam memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bermain, bersenang-senang dan mengukir prestasi, begitu pula sebagai bentuk upaya untuk menginterpretasikan betapa besarnya peran para orang tua dan keluarga untuk mewujudkan tingkat kesehatan dan kecerdasan anak.

"Sebagaimana tema LBS kali ini yaitu tinggi dan berprestasi mulai dari Balita Sehat kiranya semakin memotivasi kita untuk memberikan perhatian yang lebih besar bagi para ibu dan Balita mulai dari masa persiapan sebelum kehamilan sampai pasca persalinan, demikian juga dalam peningkatan kesehatan bayi dan Balita. Ini hendaknya disadari bahwa perawatan, pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan tanggung jawab bersama guna kita mewujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul," terangnya. (Hmskmf)

Share: