Bupati Terima Anugerah Pandu Negeri Tahun 2019

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 26 Oktober 2019 08:37, Dibaca 602 kali.

KUALA KAPUAS – Prestasi membanggakan kembali didapatkan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas yang dalam hal ini Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas dibawah kepemimpinan Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat, MM, MT termasuk sebagai salah satu penerima anugerah dari 24 Kabupaten penerima Anugerah Pandu Negeri (APN) 2019 yang diselenggarakan oleh Indonesian Institute for Public Governance (IIPG). Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat, MM, MT pada kesempatan itu menerima penghargaan tersebut di Auditorium Binakama, Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Ben Brahim yang juga mantan Kepala Dinas PU Provinsi Kalimantan Tengah dan pemegang hak paten Nasional serta Internasional bidang konstruksi jembatan itu mendapatkan penghargaan karena dianggap mampu memimpin dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh IIPG seperti mampu mengelola pemerintahan dengan baik, mampu mengatur tata kelola dan kinerja pemerintahan dengan teratur dan menghasilkan inovasi-inovasi yang memajukan sistem pemerintahan.

(Baca Juga : 147 CPNS Ikuti Bimtek Kompetensi Teknis )

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2009-2014 Prof Dr H Boediono M.Ec, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo SH serta Ketua Dewan Penasihat IIPG dan seluruh undangan yang menerima penghargaan.

Anugerah Pandu Negeri (APN) sendiri merupakan ajang pemberian penghargaan tahunan untuk Pemerintah Provinsi, Kabupaten maupun Kota di Indonesia yang memiliki kinerja dan tata kelola terbaik serta pemimpin inovatif yang berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi serta tata kelola.

Ketua Umum IIPG 2019 Sigit Pramono menjelaskan bahwa pemberian penghargaan ini bertujuan untuk menginspirasi seluruh pemerintah daerah di Indonesia untuk berdiri tegak jadi pandu ibu pertiwi. “ Kami ucapkan selamat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas yang sudah mendapatkan penghargaan ini dalam upaya mendukung transformasi tata kelola yang berkelanjutan pada sektor publik di Indonesia,” ucapnya.

Dirinya juga menambahkan untuk penilaian penerima penghargaan ini terdapat beberapa kriteria diantaranya dari aspek performance yang mencapai 60 persen meliputi pertumbuhan ekonomi 15 persen, pengembangan manusia 10 persen, hasil terobosan penting (transformasi-inovasi) 35 persen. Kemudian dari aspek governance yang mencapai 40 persen meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan 30 persen serta anti korupsi 10 persen.

Dalam acara tersebut terdapat 24 Kabupaten yang menerima penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2019 diantaranya Kabupaten Kapuas, Agam, Bandung, Bangli, Bantul, Banyumas, Bekasi, Bojonegoro, Gorontalo, Hulu Sungai, Kuningan, Mojokerto, Ngawi, Pacitan, Pasuruan, Pekalongan, Pesisir Selatan, Pohuwato, Poliwali Mandar, Probolinggo, Sukabumi, Tabanan, Trenggalek dan Lebak. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta