Sabtu, 20 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Sosialisasi dan Pembentukan Pokdarwis Resmi Dibuka

by Opr. SIBER_1 - 2019-11-11 15:26:00 1,308 Dibaca
Sosialisasi dan Pembentukan Pokdarwis Resmi Dibuka RESMI DIBUKA - Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Kapuas Tahun 2019, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Bidang Destinasi dan Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Uria Ludjen, M.Si, yang disaksikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas H Suparman, Senin (11/11/2019) pagi, di Gedung Kesenian Gandang Garantung.
Sosialisasi dan Pembentukan Pokdarwis Resmi Dibuka FOTO BERSAMA - Kepala Bidang Destinasi dan Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Uria Ludjen, M.Si mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Dr Guntur Talajan berfoto bersama dengan Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas H Suparman dan para peserta Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Kapuas Tahun 2019.

KUALA KAPUAS - Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas menggelar Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Kapuas Tahun 2019, yang dibuka oleh Kepala Bidang Destinasi dan Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Uria Ludjen, M.Si mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, ditandai dengan pemukulan gong, Senin (11/11/2019) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Gandang Garantung tersebut dirangkaikan pembukaan sendratari oleh Sanggar Tari Tingang Menteng Panunjung Tarung. Tampak hadir Kepala Dinas  Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas H Suparman, M.Si, Sekretaris Dinas, para Kepala Bagian yang berada di Disbudpora beserta staf dan para peserta sosialisasi.

(Baca Juga : Peringati Hari Ibu ke-93, TP-PKK Bersama GOW dan DWP Kunjungi Warga Binaan Perempuan)

Suparman dalam sambutannya mengatakan akan tetap mendorong kepariwisataan yang ada di Kabupaten Kapuas dengan lebih spesifik dan terus menggali potensi - potensi budaya dan pariwisata yang ada di Kabupaten Kapuas.

"Kita ingin maju bersama, bagaimana caranya agar lebih meningkatkan potensi sehingga dapat menjadi sumber pendapatan asli daerah. Kemudian ke depan rencananya akan digelar sendratari Nyai Undang, kisah yang berasal dari Bataguh. Kita bangga bahwa pernah memiliki seorang tokoh wanita yang berjaya di zamannya," terangnya.

Sementara itu, Uria Ludjan dalam sambutannya mengatakan ke depan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah akan senantiasa berusaha untuk meningkatkan kepariwisataan yang ada di 13 Kabupaten dengan menggali potensi-potensinya.

Terkait Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata, ia pun mengungkapkan bahwa kelompok tersebut dapat memberikan kesempatan untuk masyarakat berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan untuk meningkatkan wisata dan budaya yang ada di daerah masing-masing.

Lebih lanjut, ia menekankan pembangunan pariwisata membutuhkan peran aktif masyarakat termasuk Kelompok Sadar Wisata, sadar bahwa kelompok itu penting dapat menghadirkan dan memunculkan daya tarik kepariwisataan baik wisata alam, budaya dan buatan.

"Kelompok Sadar Wisata ini dari oleh dan untuk masyarakat, yang utama dapat memberikan pelayanan yang nyaman, aman dan ramah. Kita harus lestarikan, amankan dan promosikan salah satunya lewat media sosial," tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Kebudayaan selaku Ketua Panitia Pelaksana Zakia Faridah dalam laporannya mengungkapkan, kegiatan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah salah satu agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas untuk meningkatkan potensi kepariwisataan Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Kapuas.

Kegiatan ini diikuti oleh 3 (tiga) kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Kapuas yaitu dari Kecamatan Selat, Kapuas Hilir dan Kapuas Barat dengan jumlah peserta 40 orang dengan pelaksanaan selama satu hari.

"Kegiatan ini bisa diharapkan dapat memacu kreatifitas dan meningkatkan SDM masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang bisa diterapkan kembali di tempat masing-masing," ucapnya. (Hmsmkf)

Share: