Dinas Perikanan Bentuk Powasmas Kelurahan Selat

Kontribusi dari DINAS PERIKANAN KABUPATEN KAPUAS, 28 November 2019 09:00, Dibaca 405 kali.

KUALA KAPUAS – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Kelurahan Panamas serta Polsek Selat telah membentuk Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmaswas) Kelurahan Panamas pada Kamis (28/11/19). Pembentukan kelompok pengawas ini didasari oleh maraknya aktivitas penyetruman dan pengeboman di wilayah Kelurahan Panamas yang meresahkan masyarakat , terutama yang berpancaharian sebagai nelayan.

Usul pembentukan pokwasmas disampaikan oleh 15 kelompok nelayan maupun pembudidaya ikan yang merasakan dampak dari kegiatan illegal fishing, Mereka khawatir jika aksi ini terus berlangsung akan mengakibatkan berkurangnya hasil tangkapan nelayan. Maka dari itu, mereka berinisiatif membentuk pokwasmas untuk meminimalisir aksi penangkapan ikan yang melanggar peraturan.

(Baca Juga : SatPol PP dan Damkar, TNI, POLRI, Dinas Pehubungan, BPBD Patroli PSBB di Kabupaten Kapuas)

Pada acara pembentukan pokwasmas yang diadakan di Kantor Kelurahan Panamas telah menghasilkan susunan kepengurusan organisasi dengan ketua pokwasmas H. M. Sambung, sekretaris Ahmad Habibi dan bendahara Rahmat serta anggota pokwasmas adalah seluruh kelompok nelayan maupun pembudidaya ikan yang berada di Kelurahan Panamas.

Kelompok Pengawas Masyarakat Kelurahan Panamas dalam menjalankan tugasnya dapat berkoordinasi dengan kelurahan, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas serta pihak-pihak yang terkait untuk melakukan pengawasan pada sumber daya ikan di Kelurahan Panamas. “Jika sudah dibentuk pokwasmas dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan, artinya masyarakat bersedia dan sanggup untuk mengamankan wilayahnya dari usaha penangkapan ikan yang dilarang.” tutur Samudi perwakilan dari Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas. Terbentuknya pokwasmas ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi masyarakat dalam memerangi praktik penangkapan ikan yang melanggar peraturan.

Tujuan utama dari pembentukan Kelompok Pengawas Masyarakat ini adalah untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan di Kelurahan Panamas pada khususnya dan Kecamatan Selat pada umumnya dari pelaku illegal fishing.

Dalam rangka untuk menekan praktik illegal fishing ini, Dinas Perikanan telah banyak memberi program di Kelurahan Panamas antara lain bantuan kapal dan alat tangkap ramah lingkungan, bantuan sarana dan prasarana budidaya, Program Gerakan Pakan Mandiri, pelatihan dan sosialisasi serta pembinaan yang berkelanjutan dari penyuluh perikanan. (prknn/hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta