Rakor Pimpinan FKUB Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah di Gelar

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 03 Desember 2019 15:33, Dibaca 368 kali.

KUALA KAPUAS – Dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk menjaga harmoni kebangsaan dan mendukung suksesnya Pilkada serentak Tahun 2020 digelarlah giat Rapat Koordinasi (Rakor) Pimpinan FKUB Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah Tahun 2019 di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalteng Jalan Yos Sudarso Palangka Raya, Selasa (03/12/2019) pagi.

Kegiatan yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tersebut diikuti oleh peserta yang terdiri dari Pejabat Kesbangpol Kabupaten Kota se Kalteng dan Pengurus FKUB Kabupaten Kota se Kalteng yang dibuka oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang diwakili oleh Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Provinsi Kalteng Agus Pramono, S.Sos.

(Baca Juga : Bupati dan Wabup Tinjau Lokasi Kebakaran di Cilik Riwut )

Kaban Kesbangpol Agus Pramono dalam arahannya menyampaikan FKUB yang dibentuk oleh pemerintah dimaksudkan untuk merawat dan menciptakan  kerukunan umat beragama di Indonesia. Kebijakan ini merupakan kebijakan Pemerintah melalui Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri yang didasarkan pada pandangan bahwa konflik-konflik agama yang terjadi dapat dikendalikan dengan mewadahi komunikasi antar pemuka-pemuka agama yang berbeda.

“Kegiatan Rapat Koordinasi Pimpinan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ini merupakan Program dan Kegiatan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Tengah sebagai salah satu tugas yang dipandang perlu untuk dilakukan yaitu menjalin sinergitas Pemerintah Daerah dengan pemberdayaan FKUB, meningkatkan peran dan fungsi FKUB Daerah Provinsi se – Kalimantan Tengah dan menjalin kerja sama lintas sektoral terkait Kerukunan Umat Bergama dengan pemerintah daerah,” jelasnya

Agus Pramono juga mengingatkan bahwa di Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 23 September 2020 akan diselenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak yaitu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur untuk Provinsi Kalimantan Tengah dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Kotawaringin Timur. Untuk itu ia berharap agar hal tersebut disikapi secara arif dan bijak, kedepankan kedewasaan politik, junjung tinggi nilai-nilai demokrasi serta ciptakanlah suasana aman dan damai di lingkungan masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Ketua FKUB Kabupaten Kapuas Ketua Drs. H. Masyumi Rivai, MAP didampingi Wakil Ketua Drs. H. Nurani Sarji, M.Pd dan Sekretaris Dr. H. Junaidi, SE, SKM, MAP, M.Kes.

Ketua FKUB Kabupaten Kapuas Drs. H. Masyumi Rivai, MAP menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pimpinan-pimpinan FKUB seluruh Kalimantan Tengah dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu tingkat kerukunan kedamaian dan kebersamaan masyarakat Kalimantan Tengah.

Dirinya juga mengapresiasi panitia penyelenggara yang telah menyampaikan beberapa materi tentang kegiatan-kegiatan FKUB masing-masing daerah dan kondisi terakhir tingkat kerukunan di Kalimantan Tengah di mana peran yang sangat penting dan strategis untuk menjaga dan memelihara kondisi tersebut. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta