Selasa, 16 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Pengelolaan Pemerintahan Berbasis Tehnologi Informatika

by Admin SIBER - 2018-07-08 18:01:00 935 Dibaca
Pengelolaan Pemerintahan Berbasis Tehnologi Informatika
Pengelolaan Pemerintahan Berbasis Tehnologi Informatika

Kuala Kapuas – Pemerintah Kabupaten Kapuas secara terencana dan bertahap akan menerapkan seluruh tata kelola pemerintahan berbasis tehnologi informatika (E-Government). Tekad kuat ini ditunjukkan dengan menyediakan server berkapasitas besar diawal tahun ini oleh Diskominfo Kabupaten Kapuas agar mampu mengintegrasikan data maupun aplikasi yang ada pada dinas atau badan.

“Alhamdulillah awal Juli ini (5/7) aplikasi E-Planning berbasis web milik Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas yang direkomendasikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Tengah telah tayang melalui komputer dan smartphone android http://perencanaan.kapuaskab.go.id” jelas H Suwarno.

(Baca Juga : Update Data Kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas (5 Juni 2021))

Mantan Kabag Humaspro ini menambahkan manfaat bahwa system E-Planning ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat dapat melihat dan memberi masukan prioritas pembangunan dalam wilayah Kabupaten Kapuas melalui website yang mungkin juga sudah diusulkan dalam musrenbang Desa yang berjenjang hingga tingkat Nasional.

Selain memperlancar tata kelola pemerintahan dan keterbukaan informasi publik sekaligus pelaksanaan Perpres 55 tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (Stranas PPK) 2012-2025. Applikasi rekomendasi dari BPKP Kalteng mungkin Kabupaten Kapuas sebagai satu satunya Kabupaten di Kalimantan Tengah setelah Pemkot Palangka Raya yang telah melakukan instalasi  aplikasi E-Planning berbasis web.

Disela kunjungan kerja selama tiga hari (5-8/7) mendampingi Penjabat Bupati Kapuas ke Banyuwangi, Plt Kadis Kominfo dan Kabag Umum Setda Kapuas menyempatkan diri bertandang ke Dinas Kominfosantik dan Sekretartiat Daerah Kabupaten Banyuwangi. “Bapak Penjabat Bupati Kapuas menugaskan secara khusus kepada saya dan Pak Jhon Pita Kadang untuk menjajaki kerjasama tata kelola pemerintahan. “Sangat banyak inovasi tata kelola maupun aplikasi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang dapat diterapkan di Kabupaten Kapuas” ujar Suwarno.

Masih di tempat yang sama, Pj Bupati Kapuas Agus Pramono usai menerima laporan studi penjajakan menegaskan akan segera menindaklanjutinya sebagai kebijakan prioritas. “Saya akan menugaskan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas yang menangani Perencanaan, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Keuangan, Pemberdayaan Desa, Kominfo, Pariwisata dan beberapa lainnya untuk segera berkoordinasi dengan calon mitra kerjanya di Pemkab Banyuwangi selanjutnya melakukan MoU dan merealisasikan secara terencana dan bertahap sesuai kemampuan dan kondisi Kapuas. Kita ingin kedepan Kabupaten Kapuas mampu bergerak cepat dalam segala sektor seperti Kabupaten Banyuwangi” pungkas Agus Pramono (Hmskmf)

Share: