UPT Puskesmas Melati melaksanakan Kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor

Kontribusi dari UPT. PUSKEMAS MELATI, 05 Desember 2019 00:00, Dibaca 606 kali.

KUALA KAPUAS - Kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor Triwulan IV Tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Selat dibuka secara langsung oleh Sekcam Kecamatan Selat Slamet Riyadi SE MA, Kamis, (05/12/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan, perwakilan Danramil 2011-04 Selat, Polsek Selat,Dinas Kominfo, BPJS Cabang Kapuas ,TP PKK Kecamatan dan Kelurahan, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Selat, Kepala Sekolah TK,SD,SMP dan MAN, Lurah, Ketua RT,Kader Posyandu, Bidan Praktek Mandiri, Pustu dan Poskesdes, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

(Baca Juga : Ben Sampaikan Jawaban Eksekutif Pada Rapat Paripurna Ke-4)

Kepala UPT Puskesmas Melati, dr H Gede Karmawan MM dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya peran lintas sektor dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, sembari menyampaikan harapan agar antara puskesmas dan semua lintas sektor terkait bersinergi untuk menyelesaikan masalah. “Kita juga berharap agar antara puskesmas dan semua lintas sektor terkait dapat saling bersinergi untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat terutama di wilayah kerja UPT Puskesmas Melati secara terpadu dan terintegrasi,” ucapnya.

Selain itu, terkait wacana pembentukan Pokja Posyandu di masing-masing Kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Melati, ia juga membahas tentang Evaluasi Program UKM Essensial dan UKM Pengembangan sesuai dengan target dan capaian masing-masing program serta paparan tentang Eliminasi Malaria dan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Dalam kesempatan itu juga diperoleh informasi yang disampaikan oleh Kasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Eka Pristalita tentang Pangan Industri Rumah Tangga bahwa apabila ada kelompok ibu-ibu dalam suatu organisasi ingin membuat olahan atau industri rumah tangga untuk diperjualbelikan maka bisa menghubungi Dinas Kesehatan yang nantinya akan didampingi dan dibuatkan Ijin Edarnya.

Informasi selanjutnya dari BPJS Cabang Kapuas , Firdaus menyampaikan bahwa saat ini telah ditandatangani Peraturan Presiden No 75 Tahun 2019 terkait Penyesuaian Iuran untuk peserta Mandiri yang berlaku sejak 1 Januari 2020.

Lebih lanjut, dalam forum diskusi juga dilakukan sesi tanya jawab dengan para undangan, salah satunya dari Tokoh Masyarakat yang menanyakan apa penyebab terjadinya KLB Keracunan Makanan yang langsung ditanggapi oleh Dinas Kesehatan bahwa hal tersebut terjadi antara lain diakibatkan kontaminasi makanan, kontaminasi bakteri, kurangnya kebersihan pada saat mengolah makanan dan sebagainya. Sehingga dihimbau kepada masyarakat apabila ada acara besar, sebaiknya diambil sample terlebih dahulu dari makanan tersebut sebelum dikonsumsi oleh orang banyak dan diperiksa di fasilitas kesehatan, untuk memastikan aman atau tidaknya untuk dikonsumsi, sehingga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. intinya, masaklah dengan cara yang benar dan selalu memperhatikan kebersihan dan keamanan pangan. (pmlti/hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta