Kamis, 28 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Dinas Perikanan Kapuas Gali PAD Lewat Pasar Ikan

by Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas - 2019-12-09 08:28:00 1,119 Dibaca
Dinas Perikanan Kapuas Gali PAD Lewat Pasar Ikan Kegiatan jual beli di Pasar Ikan Kuala Kapuas pada dini hari
Dinas Perikanan Kapuas Gali PAD Lewat Pasar Ikan Antrian pedagang eceran di Pasar Ikan Kuala Kapuas untuk mendapatkan ikan
Dinas Perikanan Kapuas Gali PAD Lewat Pasar Ikan Kegiatan jual beli di Pasar Ikan Kuala Kapuas pada dini hari

KUALA KAPUAS - Pasar ikan Kuala Kapuas merupakan pusat perdagangan ikan dan hasil perikanan lain di Kuala Kapuas. Aktivitas pasar ikan yang berlokasi di Jalan Mawar Kuala Kapuas ini dimulai pada pukul 01.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB setiap harinya. Pedagang eceran sudah menunggu kapal pembawa ikan mendarat ataupun mobil pengangkut ikan datang untuk mendapatkan ikan terbaik yang nantinya akan dijual kembali kepada masyarakat. Bahkan pedangang eceran maupun pengumpul sudah ada yang datang sejak pukul 15.00 WIB untuk mendapatkan jenis udang dan ikan tertentu yang akan mereka jual kembali.

Berdasarkan data dari petugas Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas yang bertugas di pelabuhan pasar ikan, Ardiansyah dan juga Minarly Kusumajaya, Senin pagi (09/12/2019), jumlah pedagang eceran yang menggunakan sepeda motor berjumlah 200 orang, menggunakan mobil sebanyak 33 orang dan pedagang yang berlapak di pasar ikan sebanyak 38 orang.

(Baca Juga : Inovasi TAJA TERBANG Wujudkan Kesejahteraan dan Kemakmuran Masyarakat Kapuas)

Ardiansyah juga menyampaikan jumlah dan jenis ikan maupun hasil perikanan lainnya yang masuk melalui pelabuhan pasar ikan sangat bervariasi tergantung musimnya. Rata-rata dalam sehari pelabuhan pasar ikan dapat menampung 9,29 ton ikan dan hasil perikanan lain.

"Ikan laut yang masuk rata-rata sebanyak 3,55 ton perhari dan ikan air tawar rata-rata sebanyak 5,74 ton pehari. Sedangkan untuk udang-udangan rata-rata sebayak 5,2 ton perhari," ujarnya. 

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Ir. Darmawan, komoditas perikanan yang dipasarkan tidak hanya berasal dari pembudidaya maupun dari nelayan lokal saja, tetapi juga berasal dari luar daerah seperti Banjarmasin. Namun, untuk komoditas yang berasal dari luar Kapuas, jumlah maupun jenisnya sudah diatur agar dapat bersaing dengan komoditas lokal.

"Jika dilihat dari aktivitas jual beli di pasar ikan yang begitu ramai, kami optimis apabila pasar ikan di kemudian hari dapat dikembangkan dan dikemas sebagai pasar ikan higienis dan sebagai tempat wisata kuliner yang nantinya dapat berkontribusi dalam menambah pendapatan asli daerah," paparnya.(perikanan/hmskmf)

Share: