Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Aplikasi DASI PAK-CIKA di Launching

Aplikasi DASI PAK-CIKA di Launching Dukungan - Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT saat memberikan dukungan kepada Heni Mariati ST atas Proyek Perubahan DASI PAK-CIKA di Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Beberapa waktu lalu
Aplikasi DASI PAK-CIKA di Launching Dukungan - Plt Kepala Dinas PUPRPKP Teras ST MT saat memberikan dukungan kepada Heni Mariati ST atas Proyek Perubahan DASI PAK-CIKA di Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Beberapa waktu lalu
Aplikasi DASI PAK-CIKA di Launching Foto Bersama - Kepala Seksi Perencanaan Cipta Karya Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas Heni Mariati ST saat melakukan Launching Aplikasi “DASI PAK-CIKA” Data dan Informasi Perencanaan dan Aksi Cipta Karya di Ruang Rapat Bidang Cipta Karya. Senin (25/11/2019)

KUALA KAPUAS – Kepala Seksi Perencanaan Cipta Karya Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kapuas, Heni Mariati ST pada Launching Sistem Informasi Data dan Sistem Informasi Perencanaan dan Aksi Cipta Karya (DASI PAK-CIKA) bertempat di Bidang Cipta Karya Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas, Senin (25/11/2019).

Dalam kegiatan tersebut Heni menerangkan bahwa Pembangunan infrastruktur permukiman harus dilaksanakan secara merata di seluruh Kabupaten Kapuas, bersama seluruh tingkat pemerintahan dengan cara yang lebih terpadu, efisien, efektif serta memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat. Ia menegaskan Salah satu perwujudannya melalui pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang disiapkan secara lebih cerdas, terencana dan terpadu sesuai dengan kaidah pembangunan berkelanjutan.

(Baca Juga : Kesbangpol Kapuas Ajak Masyarakat Berpartisipasi Sukseskan Pilkada 2020)

Data dan informasi merupakan salah satu aset yang penting bagi kelancaran kegiatan pelaksanaan tugas pemerintah baik menyangkut kegiatan pembangunan infrastruktur permukiman, pelayanan masyarakat dan kegiatan penyajian informasi bagi perencanaan dan pengambilan keputusan.

"Untuk itu penting adanya upaya untuk menyajikan data dan informasi yang akurat sebagai dasar untuk perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi" ucap Heni Mariati, ST yang merupakan salah satu peserta Diklat Kepemimpinan tingkat IV Angkatan XXXV Tahun 2019, yang disampaikan pada kegiatan Launching Sistem Informasi DASI PAK-CIKA yang merupakan akronim dari Data dan Sistem Informasi Perencanaan dan Aksi Cipta Karya bertempat di bidang Cipta Karya Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas.

Lebih lanjut ia menjelaskan DASI PAK-CIKA merupakan inovasi baru berupa ide, gagasan, pemikiran, terobosan dalam rangka melakukan pembaharuan dalam praktik dan proses penyelenggaraan pemerintahan, sehingga memiliki nilai tambah dalam satu atau lebih aspek dan atau proses administrasi negara dari proyek perubahan yang dibuat untuk membantu Perangkat Daerah, khususnya pada Bidang Cipta Karya di dalam pengambilan keputusan perencanaan dan aksi Cipta Karya untuk penangananan pembangunan infrastruktur permukiman yang optimal dan terarah, sehingga kinerja layanan tercapai sesuai target yang telah direncanakan. Dasi PAK-CIKA sendiri telah menjadi sub domain dari domain Pemerintah Kabupaten Kapuas yang dapat diakses melalui http://dasipakcika.kapuaskab.go.id.

Heni menjelaskan tentang inovasi ini merupakan upaya untuk memberikan data dan informasi yang akurat kepada para pemangku kepentingan baik internal Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas, maupun eksternal yang membutuhkan data dan informasi infrastruktur permukiman yang dikelola oleh bidang Cipta Karya, serta masyarakat yang ingin mengetahui program atau kegiatan yang dilaksanakan oleh bidang Cipta Karya. Inovasi ini juga melibatkan peran partisipatif dari desa dan kelurahan yang akan menjadi kader operator untuk menginput data-data baik eksisting permukiman di desa dan kelurahannya, permasalahan infrastruktur permukiman maupun upaya serta langkah-langkah yang diusulkan kepada pemerintah Kabupaten Kapuas melalui bidang Cipta Karya. Inovasi ini akan mendekatkan masyarakat kepada pemerintah melalui aplikasi yang nantinya akan dikembangkan berbasis mobile system. Dengan adanya inovasi ini nantinya diharapkan terbangun jaringan kerja sama penganggaran baik pemerintah Pusat, pemerintah Provinsi, pemerintah Kabupaten, swasta maupun CSR untuk Bersama-sama membangun infrastruktur yang memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat di Kabupaten Kapuas.

Inovasi ini mendapat dukungan langsung dari Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT, Wakil Bupati Kapuas Drs H M Nafiah Ibnor MM, Ketua Komisi Tiga DPRD Kabupaten Kapuas sebagai mitra kerja Dinas PUPRPKP, Sekda Kabupaten Kapuas, Kepala Dinas PUPRPKP, Kepala BPKAD, Kepala Bappeda serta Camat dan Lurah di Kecamatan Selat. (dpuprpkp/hmskmf)

 

Share: