Wujudkan Optimalisasi Pemanfaatan Data Untuk Pelayanan Publik, Disdukcapil Kapuas Adakan Rakor Pemanfaatan Data Kependudukan

Kontribusi dari DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KAPUAS, 12 Desember 2019 11:41, Dibaca 489 kali.

KUALA KAPUAS - Dalam rangka meningkatkan pemanfaatan data kependudukan Kabupaten Kapuas guna mewujudkan optimalisasi pemanfaatan data untuk pelayanan publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas mengadaan acara Rapat Koordinasi Pemanfaatan Data Kependudukan Kabupaten Kapuas pada hari Kamis, (12/12/2019) di Aula BAPPEDA Kabupaten Kapuas. Acara rapat koordinasi ini dibuka langsung oleh Bapak Wakil Bupati Drs.H.M. Nafiah Ibnor, MM.

Peserta kegiatan rapat koordinasi ini sebanyak kurang lebih 345 orang yang terdiri dari Camat, Lurah / Kepala Desa, Seluruh Kepala Bidang, Kepala Seksi, Administrator Database dan Operator Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas. Dengan mengangkat tema Optimalisasi Pemanfaatan Data Untuk Pelayanan Publik, yang mana Dukcapil Kabupaten Kapuas menghadirkan narasumber dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Tengah yaitu Ir. Brigong Tom Moenandaz, MSP dan Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan yaitu Drs. Premono Hadi, MM yang menyampaikan materi mengenai pemanfaatan data kependudukan untuk pelayanan publik.

(Baca Juga : BEN Sampaikan Terima Kasih Kepada Masyarakat Kapuas)

Laporan kegiatan rakornas disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas Dra Ruseni Pada kesempatan itu yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Wakil Bupati Kapuas Bapak Drs H M Nafiah Ibnor, MM yang dapat hadir mewakili Bapak Bupati Kapuas serta kepada Bapak Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Tengah dan Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas atas kesediaan sebagai narasumber. Sebagai penutup Kepala Disdukcapil Kapuas itu menyampaikan sebuah pantun kepada Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Tengah yang berbunyi "Kalau ada jarum yang patah, jangan patahkan lagi jarum yang lain. Kalau kami ada salah, jangan katakan pada yang lain" ucapnya.

Sementara Wakil Bupati membacakan sambutan Bupati Kapuas yang menghimbau kepada masyarakat agar segera mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dan jangan melalui calo, juga menghimbau agar semua perangkat daerah dapat menggunakan data kependudukan untuk perencanaan pembangunan serta melakukan perjanjian kerjasama dengan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas dalam hal pemanfaatan data kependudukan. 
Beliau juga menyampaikan bahwa kepala desa serta lurah selaku petugas registrasi desa, bertugas membantu masyarakat dalam kepengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil tanpa memungut biaya, dan bertugas melaporkan setiap peristiwa penting kependudukan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas serta meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas agar berpartisipasi untuk mensukseskan pemilihan Gubernur Kalimantan Tengah Tahun 2020 dan Sesus Penduduk Tahun 2020. (Disdukcapil/Hmskmf)

 

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta