Sabtu, 20 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Pimpinan

Kapuas Gelar Apel Bela Negara Ke 71

by Op.SIBER_4 - 2019-12-19 09:28:00 694 Dibaca
Kapuas Gelar Apel Bela Negara Ke 71 IKRAR - Praja IPDN Muhammad Fahmi Fadilah dan Eyi Pristian membacakan Ikrar Bela Negara dihadapan Pembina Apel Peringatan H M Nafiah Ibnor dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke – 71, di Halaman Kantor Bupati Kapuas, Kamis (19/12/2019) pagi.
Kapuas Gelar Apel Bela Negara Ke 71 PERINGATAN – Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor menjadi Pembina Apel dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke – 71, di Halaman Kantor Bupati Kapuas, Kamis (19/12/2019) pagi.
Kapuas Gelar Apel Bela Negara Ke 71 FOTO BERSAMA - Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor melakukan foto bersama dengan Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah, Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Ardiansah, Kasdim 1011/klk Mayor Inf Catur, AKP Wayan, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kapuas Mauladi, Kepala Dinas Kesbangpol Kabupaten Kapuas Hj Marlina usai pelaksanaan peringatan Hari Bela Negara ke – 71, di Halaman Kantor Bupati Kapuas, Kamis (19/12/2019) pagi.

KUALA KAPUAS – Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke – 71, Pemerintah Kabupaten Kapuas melaksanakan kegiatan apel peringatan yang mana dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor, di Halaman Kantor Bupati Kapuas, Kamis (19/12/2019) pagi, yang mana apel peringatan tersebut diikuti oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah, unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, sejumlah Kepala Perangkat Daerah serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas.

Adapun komandan Apel Peringatan yaitu Ricky Adi Saputra dari Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas. Ditempat yang sama dilakukan pembacaan Ikrar Bela Negara yang dibacakan oleh sepasang Praja IPDN atas nama Muhammad Fahmi Fadilah dan Eyi Pristian.

(Baca Juga : Pj Bupati Kapuas Konferensi Cabang NU Kapuas Tahun 2024)

Dalam amanat Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, Laksamana Madya TNI Achmad Djamaludin yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kapuas menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi Bangsa dan Negara Indonesia semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Beragamnya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dihadapi bangsa, dapat dihadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. “Disinilah terletak relevansi tekad kita unjuk mewujudkan manusia Indonesia yang unggul untuk mengisi kemerdekaan kita disegala bidang. Kemerdekaan ini jualah yang menjadi pedoman bagi kita semua untuk melaksanakan bela negara,” ucap Nafiah.

Lebih lanjut, kembalinya Pancasila sebagai Dasar Negara, Pandang Hidup Bangsa dan Nilai Dasar Bela Negara, menjadikan Pancasila visi final bangsa dan Negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna yang memiliki kapasitas dan keterampilan yang tinggi untuk pemenuhan kebutuhan sendiri dan golongannya. Manusia paripurna mensyukuri berkah Kebhinekaan dan mensinergikan beragam kekuatan siap menghadapi interaksi dan persaingan global yang semakin kompetitif, serta menginsyafi dirinya semata sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

“Inilah landasan prioritas bela negara untuk pembangunan SDM Unggul yang diarahkan kepada perwujudan manusia Indonesia Paripurna berdasarkan Pancasila. Aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai-nilai Bela Negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur,” jelas Nafiah.

Dalam aktualisasinya, Bela Negara harus disesuaikan dengan kondisi kekinian yang dihadapi oleh masyarakat secara umum serta dilandasi sinergi semua pemangku kepentingan sehingga terwujud kekuatan yang besar untuk mencapai tujuan yang besar pula. Dengan demikian, Bela Negara bukan hanya menjadi alat untuk menghadapi ancaman yang bersifat potensial maupun aktual, namun juga menjadi alat pencapaian tujuan nasional bangsa dengan jangka panjang yang memerlukan kerja keras serta sinergi bersama secara terus menerus. (hmskmf)

Share: