Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Pemkab Gelar Apel Gabungan Pasukan Siap Siaga Bencana

by Opr. SIBER_1 - 2019-12-20 14:38:00 865 Dibaca
Pemkab Gelar Apel Gabungan Pasukan Siap Siaga Bencana GELAR APEL GABUNGAN – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengecek pasukan dalam kegiatan Apel Gabungan Gelar Pasukan dan Peralatan, Jum’at (20/12/2019) pagi.
Pemkab Gelar Apel Gabungan Pasukan Siap Siaga Bencana PENGECEKAN PERALATAN - Dandim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, Kapolres Kapuas Esa Estu Utama, Kepala BPBD Kapuas Panahatan Sinaga dan Kepala Dinas Perhubungan Vitrianson mengecek kesiapan dan peralatan pasukan serta mobilitas atau transportasi yang digunakan usai dilaksanakannya Apel Gabungan Gelar Pasukan Siap Siaga Bencana Banjir, Putting Beliung dan Tanah Longsor di wilayah Kabupaten Kapuas, Jum’at (20/12/2019) pagi.
Pemkab Gelar Apel Gabungan Pasukan Siap Siaga Bencana PENGECEKAN PERALATAN - Dandim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, Kapolres Kapuas Esa Estu Utama, Kepala BPBD Kapuas Panahatan Sinaga dan Kepala Dinas Perhubungan Vitrianson mengecek kesiapan dan peralatan pasukan serta mobilitas atau transportasi yang digunakan usai dilaksanakannya Apel Gabungan Gelar Pasukan Siap Siaga Bencana Banjir, Putting Beliung dan Tanah Longsor di wilayah Kabupaten Kapuas, Jum’at (20/12/2019) pagi.

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas menggelar Apel Gabungan Gelar Pasukan dan Peralatan, Jum’at (20/12/2019) pagi. Kegiatan yang digelar di depan Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas tersebut dilaksanakan dalam rangka Siap Siaga Bencana Banjir, Puting Beliung dan Tanah Longsor di wilayah Kabupaten Kapuas.

Apel gabungan dipimpin oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga. Dihadiri oleh Dandim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, Kapolres Kapuas Esa Estu Utama, Kepala Dinas Perhubungan Vitrianson, dan para undangan lainnya. Kegiatan itu dilanjutkan dengan berkeliling mengecek pasukan dan peralatan maupun transportasi yang digunakan dalam penanggulangan bencana.

(Baca Juga : PKK Memiliki Peran Strategis dalam Cegah Stunting )

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala BPBD Panahatan Sinaga mengatakan Kabupaten Kapuas berdasarkan hasil kajian memiliki tingkat kerawanan dan tingkat risiko yang tinggi terhadap bencana, salah satunya adalah bencana banjir.

Hal ini disebabkan karena pola pemukiman desa di Kabupaten Kapuas berada di bantaran sungai, serta memiliki beberapa wilayah perairan seperti danau, rawa, dan beberapa sungai-sungai besar antara lain sungai Kapuas Murung, Sungai Kapuas dengan beberapa anak sungainya.

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat ini Kabupaten Kapuas telah memasuki awal musim penghujan dan berpotensi terjadinya cuaca ekstrim. “Kondisi ini perlu segera kita sikapi terutama untuk wilayah-wilayah yang memiliki tingkat risiko tinggi terhadap bencana banjir seperti di Kecamatan Mandau Talawang, Kapuas Hulu, Pasak Talawang, Kapuas Tengah, Timpah, Mantangai, Dadahup, dan Kapuas murung, dan juga berpotensi terjadinya cuaca ekstrim terutama untuk wilayah pasang surut,” terangnya.

Kemudian, lanjut dia, Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana, perangkat daerah terkait serta jajaran TNI/Polri dan relawan, secara bersama-sama perlu mengambil langkah-langkah kongkrit seperti pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dan Materiil Siaga Bencana Banjir, Puting Beliung dan Tanah Longsor yang saat ini sedang dilaksanakan.

Apel ini dilakukan guna mengevaluasi kekuatan personil dan peralatan yang ada untuk antisipasi dan kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi bencana banjir dan cuaca ekstrim di Kabupaten Kapuas. Dalam sambutan tertulisnya ia menegaskan sekecil apapun informasi yang didapat perlu dikaji dan ditindak lanjuti guna mengurangi tingkat risiko yang mungkin akan terjadi.

“Kita perlu mengerahkan seluruh sumberdaya yang ada untuk membantu masyarakat. Jika skala bencana meningkat dan perlu dilakukan evakuasi kita harus sudah siap, baik personil maupun peralatan yang diperlukan. Dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang ada di tingkat kecamatan dan desa termasuk Camat, Lurah, Kepala Desa, Kapolsek, Danramil, Babinsa, Babin Kamtibmas dan relawan diharapkan akan membantu dalam penanganan bencana tersebut,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas dedikasi, kerja keras dan kerjasama yang baik yang terjalin antara Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan perangkat daerah terkait lainnya dengan TNI, Polri, serta para relawan dalam penanganan bencana di Kabupaten Kapuas selama ini, sehingga banyak kejadian-kejadian kebencanaaan yang dapat diatasi dengan baik.

“Saya sangat menyadari bahwa pemerintah daerah tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari semua pihak. Pemerintah daerah juga menyadari bahwa masih banyak kekurangan serta dukungan yang belum maksimal dari pemerintah, namun hal ini janganlah menjadi kendala dan melemahkan semangat kita semua dalam menangani bencana yang terjadi di Kabupaten Kapuas,” pungkasnya. (Hmskmf)

Share: