Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Disdik Gencar Laksanakan Program TBTQ

by Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas - 2020-01-14 16:42:00 1,135 Dibaca
Disdik Gencar Laksanakan Program TBTQ FOTO BERSAMA - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat dan Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan beserta sejumlah pengurus LPTQ Kabupaten Kapuas saat berfoto bersama dengan juara Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke XI tingkat Kabupaten Kapuas dari Kecamatan Dadahup saat pembukaan kegiatan Khataman Al-Quran Masal, Selasa (14/01/2020) pagi di Mesjid Annur Desa Bentuk Jaya Kecamatan Dadahup.
Disdik Gencar Laksanakan Program TBTQ PENYERAHAN - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat didampingi Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan saat menyerahkan kembali Piala Pemenang Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke XI tingkat Kabupaten Kapuas yang berhasil diraih oleh Kecamatan Dadahup, Selasa (14/01/2020) pagi di Mesjid Annur Desa Bentuk Jaya Kecamatan Dadahup

KUALA KAPUAS - Sebagaimana yang dicanangkan oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat pada akhir tahun lalu saat Pemecahan Rekor Muri Tahfidz Al-Quran Juz 30 terbanyak agar masyarakat Kapuas secara khusus anak-anak usia 10 tahun dapat Tuntas Baca Tulis Quran (TBTQ), maka Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kapuas gencar menggelar program TBTQ bersama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Kapuas.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut sejumlah daerah melaksanakan Khataman Al-Quran Masal seperti masyarakat Kecamatan Dadahup yang mengelar kegiatan itu untuk ikut mensukseskan program TBTQ menuju Kapuas cerdas, yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat dan Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan beserta sejumlah pengurus LPTQ Kabupaten Kapuas, Selasa (14/01/2020) pagi di Mesjid  An'nur Desa Bentuk Jaya.

(Baca Juga : Disarpustaka Melaksanakan Rapat Perencanaan Kegiatan Kearsipan Tahun 2022)

Disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas bahwa bahwa TPTQ adalah program yang sudah di canangkan oleh Bupati Kapuas, yang mana khataman Al Quran pada kesempatan tersebut adalah yang ketiga kalinya sejak Yayasan Pendidikan Al Quran  Diresmikan. Ia juga menerangjan bahwa kedepan akan disusun Peraturan Daerah (Perda) bahwa anak-anak akan diwajibkan tuntas baca tulis Al-Quran sehingga akan ada ujian baca tulis Al-Quran di tingkat SD, SMP dan SMA sehingga sebagaimana yang disiapkan oleh Bupati Kapuas untuk guru mengaji akan mendapat insentif serta ada 60 mentor atau yang akan membimbing ke sekolah-sekolah untuk guru-guru tentang bagaimana proses pengajaran mengaji.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa kedepan dalam Perda juga akan diatur agar bagaimana anak-anak mengaji setelah Sholat Magrib sampai dengan Sholat Isha sehingga tidak ada anak-anak yang berkeliaran pada jam tersebut dan tentu akan mengurangi dampak negatif pada anak yang sudah terpengaruh oleh lingkungan yang salah.

Kepala Dinas Pendidikan yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Kapuas itu juga menyampaikan apresiasiatas setinggi-tingginya kepada semua pihak atas terlaksananya kegiatan. "Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panita, Kepala Desa serta semua peserta hingg Terlaksana kegiatan khatamanbAl-Quran masal pada hari itu, semoga dengan kegiatan seperti ini menjadi awal agar tidak ada keraguan terhadap Al-Quran dan menambah rasa cinta kepada Al-Quran," ucapnya

Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas sendiri menerangkan rasa syukur serta bahagia karena dapat bersilaturahmi dengan masyarakat dalam kesempatan itu mengikuti khataman Al-Quran Masal yang mana ia menilai jumlah peserta mengikuti khataman di Kecamatan Dadahup cukup banyak. Kedepan ia juga akan berusaha mengunjungi seluruh Kabupaten Kapuas sehingga Al-Quran dapat menerangi diseluruh Kabupaten Kapuas sehingga seluruh masyarakat akan mencintai Al-Quran.

Sementara dalam laporannya Dedyanto selaku panitia pelaksana menyampaikan bahwa ini salah satu upaya membumikan al quran d tengah2 masyarakat serta mensukseskan program TBTQ menuju Kabupaten Kapuas Cerdas 2020 dengan jumlah peserta 104 orang terdiri dari masyarakat Dadahup serta daerah sekitarnya. Ia juga membeberkan bahwa Kecamatan Dadahup memiliki kegiataan rutin yaitu mengkhatamkan Al Quran ke desa-desa setiap bulan dan untuk peserta khataman Al-Quran masal nantinya akan diberikan sertifikat oleh pihak LPTQ Kabupaten Kapuas.

Ucapan selamat datang di sampaikan langsung oleh Kepala Desa Bentuk Jaya Barsuni MR, kepada Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas beserta rombongan, ia menyanpaikan dengan adanya kegiatan seperti ini kita bisa lebih mengerti dan mencintai Al Quran mengucapkan terima kasih kepada panitia karena sudah memilih desanya untuk menjadi lokasi khataman Al-Quran masal pada hari itu. 

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas dan Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas juga menyerahkan kembali Piala Pemenang Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke XI tingkat Kabupaten Kapuas yang berhasil diraih oleh Kecamatan Dadahup. (hmsdisdik/hmskmf)

Share: