Wabup Buka Rakor Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 22 Januari 2020 11:41, Dibaca 207 kali.

 

KUALA KAPUAS – Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor membuka secara resmi Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2021 dan Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Tahun 2020 yang digelar di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas, Rabu (22/01/2020) pagi.

(Baca Juga : Camat beserta TP PKK Kecamatan Bataguh Bagikan Masker Kepada Masyarakat)

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam arahannya yang disampaikan Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor menerangkan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) adalah pengelolaan informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah dan informasi Pemerintahan Daerah lainnya yang saling terhubung untuk dimanfaatkan dalam penyelenggaraan daerah.

Dirinya mengungkapkan sistem terpadu dan terintegrasi ini merupakan amanah dari Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 yang merupakan perubahan Permendagri Nomor 98 Tahun 2018 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan sangatlah penting dalam rangka sinkronisasi serta harmonisasi rencana pembangunan dan keuangan daerah yang mana nantinya mencadi acuan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan di daerah.

“ Pembangunan yang mensejahterakan adalah pembangunan yang dimulai dari perencanaan yang tepat sasaran dan membutuhkan komintmen dari seluruh pihak dalam penerapan SIPD sebagai upaya mewujudkan rencanan pembangunan daerah yang berkualitas,” ucap Wabup.

Lebih lanjut, Nafiah berharap melalui rapat dan pelatihan ini dapat memperdalam implementasi terhadap Substansi Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintahan daerah secara interaktif dan mendetail sengan saling bertukar pikiran antara narasumber dengan seluruh peserta melalui mekanisme diskusi sehingga nantinya akan menghasilkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efesien.

Sementara itu Kepala Bappeda Ahmad M Saribi dalam laporannya menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Kapuas dalam rangka menginput data yang menjadi kewajiban masing-masing Perangkat Daerah ke aplikasi SIPD sebagai upaya koreksi data yang masuk agar akurasi data lebih terjaga.

Ditambahkannya adapun narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Besse Vina Miranda dan Mustafa dari PT. Global Intermedia Nusantara Yogyakarta dengan peserta terdiri dari Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah serta Sekretaris Desa lingkup Kabupaten Kapuas. (hmfkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta